Ingin Seperti Tanjung Perak, Masterplan Penataan Belawan Segera Disusun

Pjs Walikota Medan, Arief Sudarto Trinugroho dan Gubsu, Edy Rahmayadi.

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan mendukung keinginan Gubsu Edy Rahmayadi yang ingin melakukan penataan kawasan pemukiman di Medan Utara.

Mengingat, program tersebut sinergi dengan konsep pemko yang ingin menjadikan kawasan utara tersebut menjadi lebih baik dan dapat dinikmati masyarakat. Di sisi lain, hal ini menunjang pengembangan wisata bahari.

Konsep yang dimiliki pemko itu akan disinkronkan dengan penataan kawasan yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut. Dengan begitu diharapkan Medan bagian utara lebih maju lagi.

“Kita sangat menyambut baik dan mendukung penataan utara Medan yang akan dilakukan Pemprov Sumut dikoordinir langsung Bapak Gubsu.

Namun, dalam melakukan penataan ini, kami tidak bisa melepaskan ekosistemnya dari timur dan barat yang berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang,” kata Pjs Walikota Medan, Arief Sudarto Trinugroho ketika menghadiri rapat penataan kualitas kawasan permukiman bagian utara Kota Medan mendukung wisata bahari di Rumah Dinas Gubsu, Jumat (23/10/2020).

BACA JUGA :  Gubsu Kembali Perpanjang PPKM Hingga 14 Maret 2021

Arief menjelaskan, banyak fungsi lindung yang berbatasan dengan Deli Serdang tersebut dapat mengeliminir dampak yang terjadi selama ini, salah satunya seperti banjir rob.

“Yang menjadi kewenangan Pemko Medan tentunya akan kita tangani,” jelasnya, kemarin.

“Setelah ekosistem ditangani, barulah kita kembangkan pariwisatanya,” tambahnya.

Sebelumnya Gubsu, Edy Rahmayadi bersama stakeholder terkait bertemu untuk merumuskan langkah-langkah apa yang dilakukan guna menata kawasan Medan Utara, terutama Belawan. Sehingga menjadi kawasan yang nyaman sekaligus mendukung wisata bahari.

Edy berkeinginan Belawan bisa seperti kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang sangat tertata dengan baik. Terkait itu, dia minta pihak Terkait dapat menyampaikan masukan untuk selanjutnya dibentuk masterplan dan grand design.

“Setelah masterplan dan grand design, langsung dilanjutkan dengan pembagian tugas masing-masing OPD maupun stakeholder terkait untuk segera menata kawasan Medan Utara tersebut. Saya ingin Januari 2021, penataan kawasan utara Medan sudah dilakukan,” tegas Gubsu.(reza sahab)