Bobby Nasution Beri Solusi Alih Profesi Bagi Pemulung

Bobby Nasution saat menyapa para warga pinggiran parit busuk di Jalan Masjid Taufik.
Bobby Nasution saat menyapa para warga pinggiran parit busuk di Jalan Masjid Taufik.

MEDAN, kaldera.id – Bobby Nasution menyapa warga yang berdomisili di pinggiran parit busuk di Jalan Masjid Taufik, Medan Perjuangan, Selasa (27/10/2020) malam.

Mayoritas warga di sana mengais rezeki dari aktivitas memulung di parit yang menjadi batas wilayah Kecamatan Medan Tembung dengan Medan Perjuangan.

“Warga rata-rata andalkan butut, plastik, kertas dari sampah untuk dijual lagi. Kadang harganya naik turun,” kata Sunaryo warga setempat.

Bobby melihat langsung aktivitas warga memulung di dalam parbus tersebut. Dengan simpati Bobby berharap warga mendapatkan pekerjaan atau sumber pemasukan yang lebih baik.

“Kalau ada peluang buka usaha mau tidak pak?” tanya Bobby kepada salah satu pemulung yang sedang mengeringkan kertas hasil memulungnya.

“Mau kali la Pak Bobby, insya Allah warga sini memang ingin usaha lain,” kata pemulung itu didampingi Yono tokoh masyarakat setempat.

Kepada masyarakat setempat, Bobby lantas menjanjikan program bantuan UMKM. Diharapkan, warga yang memulung bisa berubah profesi menjadi pedagang atau pengusaha walau kecil-kecilan.

“Saya tanya masyarakat, harapan mereka ada bantuan usaha. Dan itu memang ada di program kita. Bahkan saat ini sudah dijalankan, pendampingan hingga permodalan untuk pelaku usaha kecil,” kata Bobby.

Kondisi parbus yang kumuh juga menjadi perhatian Bobby. Kelak jika terpilih jadi Walikota Medan, Bobby akan melakukan pembenahan agar parbus itu lebih baik. Pembangunan infrastruktur di sana seperti jembatan juga akan ditargetkan sebab itu keinginan masyarakat.

“Saya harap masyarakat juga jaga kebersihan. Jangan buang sampah ke sungai atau parit, itu semua demi kenyamanan kita bersama,” pungkas Bobby. (reza sahab)