SM Amin Nasution Pahlawan Nasional, Ini Kata Akhyar

Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution.
Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution.

MEDAN, kaldera.id – Gubernur pertama Sumatera Utara (Sumut), Sutan Mohammad Amin Nasution akan dianugerahkan sebagai salah satu pahlawan nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2020. Akhyar Nasution yang merupakan calon Walikota Medan turut berkomentar tentang hal ini.

Akhyar menyebut, sangat mendukung gelar pahlawan nasional yang akan dinobatkan kepada SM Amin Nasution. Menurutnya, SM Amin Nasution merupakan seorang tokoh yang harus diperjuangkan.

“Kita sangat suport SM Amin Nasution menjadi pahlawan nasional yang merupakan Gubernur pertama Sumut. Seorang tokoh yang harus kita perjuangkan,” kata Akhyar usai debat perdana Pilkada Medan, di Hotel Grand Mercure, Sabtu (7/11/2020).

Ia menyebut, dalam waktu dekat nama SM Amin Nasution akan dijadikan menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan sebagai pahlawan nasional.

“Insyaallah dalam waktu dekat namanya akan dijadikan nama salah satu jalan di Kota Medan bekerjasama dengan DPR,” tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah akan menganugerahkan Pahlawan Nasional kepada 6 orang dalam rangka memperingati Hari pahlawan 2020. Salah satunya adalah Gubernur Pertama Sumatera Utara SM Amin Nasution.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial, Juliari Batubara dalam konferensi pers Hari Pahlawan 2020 “Pahlawanku Sepanjang Masa” di Jakarta, Jumat (6/11/2020) seperti dilansir cnbcindonesia.com.

SM Amin bernama lengkap Sutan Mohammad Amin Nasution. Dia merupakan seorang Gubernur Sumatera Utara Ke-1. Masa jabatan yang diembannya ialah 18 Juli 1948 – 1 Desember 1948, pada masa Presiden Soekarno. Jabatan SM Amin Nasution digantikan oleh Ferdinand Lumban Tobing, pada masa jabatan 23 Oktober 1953 – 12 Maret 1956. (finta rahyuni)