Sembuh Bukan Berarti Kebal Covid-19

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan
Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan

MEDAN, kaldera.id – Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan menegaskan, selama ini banyak yang beranggapan seseorang yang sudah sembuh dari Covid-19 tidak akan terpapar lagi.

Anggapan ini tidak benar. Orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 berpotensi terkena kembali. Hal ini disampaikan Mardohar kepada wartawan di Sekretariat Satgas Covid-19 Kota Medan, Jalan Rotan, Medan Petisah, Selasa (10/11/2020).

Mardohar menjelaskan, banyak informasi ditengah masyarakat tentang Covid-19 yang keliru. Sehingga menimbulkan kebingungan dan akhirnya menjadi salah dalam menghindari penyebaran Covid -19. Termasuk informasi yang menegaskan orang sudah pernah terpapar Covid-19 kebal terhadap virus tersebut.

“Sepanjang yang bersangkutan tidak menerapkan protokol kesehatan, orang yang pernah terpapar bisa kena kembali,” jelasnya.

Terkait penyebaran Covid-19 di Kota Medan, Mardohar menjelaskan, bahwa sampai saat ini Medan masih Zona Merah.

Sebagian besar wilayah sangat rentan Covid-19. Untuk itu dirinya berharap masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes dalam aktivitas sehari hari.

Angka penularan Covid-19 di Kota Medan telah menembus 7046 kasus hingga Senin (9/11/2020) sore kemarin.

Meskipun demikian begitu Pemko Medan melalui Satgas Covid-19 mengklaim jika penularan yang terjadi mulai mendatar atau tidak melonjak seperti bulan-bulan sebelumnya.

“Meskipun penurunannya datar, kenaikannya tidak significan. Seperti di awal-awal. Angka kesembuhan juga mencapai 5.000 lebih,” pungkasnya.(reza sahab)