Mulai 2021, Gubsu Bakal Subsidi Rp35 Ribu SPP SMA Sederajat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi menyebut tengah menyiapkan bantuan stimulus sebesar Rp35 ribu untuk subsidi siswa SMA/SMK setiap bulannya.

Subsidi ini, kata Edy, akan dimulai pada tahun 2021. Awalnya ia merencanakan subsidi sebesar Rp50 ribu, namun karena pandemi Covid-19 bantuan itu terpaksa diturunkan menjadi Rp35 ribu.

“Sekarang ini adalah memberikan stimulus SPP anak sekolah. Kemarin saya mau bikin Rp50 ribu tak kuat uangnya karena ada Covid sehingga diturunkan menjadi Rp35 ribu,” ujar Edy di rumah dinas gubernur, Jalan Sudirman, Rabu (18/11/2020).

Dikatakannya, bantuan ini akan diberikan untuk SMA sederajat. Mantan Pangkostrad itu sendiri belum merinci siswa sekolah swasta atau negeri yang akan mendapatkan subsidi ini.

“SMA, SMK, STM. Itu pun udah Rp300 miliar sekian itu ya. Saya tidak tau kemana saja rincian terakhir mereka mengerjakannya. Saya kan hanya pada sampai tahap strata pembijakan. Teknis nanti tanya kepala bidang,” tambah Edy.

Edy menyebut, bahwa memajukan sektor pendidikan dengan menaikkan tunjangan guru honor dan subsidi SPP itu, adalah upaya mewujudkan visi misinya mewujudkan Sumatera Utara yang bermatabat di bidang pendidikan.

“Itu pendidikan dan itu yang baru kuat. Tapi amanah UU adalah 20%. Kita akan lihat nanti ke depan-ke depan. Itu kan tergantung pendapatan daerah. Pendapatan daerah besar, itukan akan lebih memudahkan untuk memberikan bantuan terhadap visi dan misi,” pungkas Edy. (finta rahyuni)