Gubsu Edy Ajukan Kadispora Langkat jadi Kadisdukcapil

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memilih Wanna Wasalwa Lubis sebagai Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memilih Wanna Wasalwa Lubis sebagai Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memilih Manna Wasalwa Lubis sebagai Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut dari 3 nama yang diajukannya ke Mendagri untuk diterbitkan SK pengangkatannya.

Entah kenapa, satu dari 3 nama yang diusulkan itu, adalah peserta yang tidak lolos seleksi tertulis.

Manna Wasalwa saat ini adalah Kadispora Kab Langkat. Manna juga diketahui sebagai adik dari Nawal Lubis, isteri Gubsu.

Dari dokumen yang diperoleh, Gubsu melalui surat bernomor Nomor: 800/3952/BKD/III/2021 yang ditujukan kepada Mendagri Cq Dirjen Dukcapil mengirimkan tiga nama calon Kadisdukcapil Sumut yakni, 1, Drs Manna Wasalwa MAP ( Kadisdukcapil Langkat), 2, Drs Indra Halomoan Nasution SSi, (Kadisdukcapil Tanjung Balai), dan Yanuarlin SE (Sekretaris Disdukcapil Sumut).

Di surat itu, ia pun sudah menunjuk Manna Wasalwa sebagai Kadisdukcapil. Tapi, Yanuarlin SE, MSi adalah nama yang tidak lulus ujian tertulis dan penulisan makalah pada seleksi jabatan calon jabatan Kadisdukcapil Sumut.

Hal itu diketahui dari Pengumuman Nomor: 014/SJPTP/XI/2020 tentang Hasil Seleksi ujian tertulis dan penulisan makalah peserta jabatan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera utara yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Sabrina Dalimunthe (Sekdaprovsu).

Dalam pengumuman itu, pada jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil peserta yang lulus seleksi tertulis adalah; Harris Topan, Manna Wasalwa, Indra Halomoan Nasution dan Muhammad Ali Hasibuan. Tak ada nama Yanuarlin di sana. Bagaimana itu bisa terjadi?.(finta rahyuni)