AKP Jon Piter: Karateka Andalan Sumut, Pembawa Obor Asian Games

Kapolsek Percut Seituan yang baru, AKP Jan Piter Napitupulu
Kapolsek Percut Seituan yang baru, AKP Jan Piter Napitupulu

MEDAN, kaldera.id – Kapolsek Percut Seituan yang baru, AKP Jan Piter Napitupulu, ternyata punya prestasi tak biasa di bidang olahraga. Ia mantan karateka nasional andalan Sumut dan pernah menjadi pembawa obor Asian Games 2018.

Diketahui, AKP Jan Piter Napitupulu penyandang sabuk hitam DAN III. Karateka ini merupakan mantan atlet nasional andalan Sumut.

Jan Piter punya segudang prestasi telah diraih Jan Piter di tingkat nasional. Ia merupakan peraih emas karate di PON, kemudian juara nasional di Kejurnas Piala Kasad, mengikuti kejuaraan dunia, juara SEA Games dan juara di kejuaraan-kejuaraan nasional lainnya.

Kemudian, Jan Piter memasuki kepolisian Sekolah Calon Perwira (SECAPA). Setelah bertugas menjadi aparat 8 tahun ia tak pernah mengikuti kejuaraan lagi.

Namun, pada usia 42 tahun di 2016 Jan Piter mulai aktif lagi dan mengikuti Open Tournamen Karate PGN dengan meraih emas bahkan juara dalam perebutan gelar Best of The Best (BOB) dalam kejuaraan yang diikuti para karateka dari luar Provinsi Sumut. Di tahun itu dia pun diganjar penghargaan dari kesatuannya Brimob Polda Sumut.

Lebih lanjut, AKP Jan Piter turut menjadi salah satu atlet yang terlibat pada arak-arakan kirab obor Asian Games yang singgah di Danau Toba pada tahun 2018. (mustivan/bbs)