RSUP Adam Malik Hari Ini Vaksin Lansia Khusus KTP Medan

Mulai Hari ini Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, memulai vaksinisasi masal untuk masyarakat kalangan lanjut usia (lansia) diatas usia 60 tahun, Senin (8/3/2021).
Mulai Hari ini Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, memulai vaksinisasi masal untuk masyarakat kalangan lanjut usia (lansia) diatas usia 60 tahun, Senin (8/3/2021).

MEDAN, kaldera.id – Mulai Hari ini Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, memulai vaksinisasi masal untuk masyarakat kalangan lanjut usia (lansia) diatas usia 60 tahun, Senin (8/3/2021).

Dilakukan vaksinisasi hari ini karena menyesuaikan jadwal ketersediaan yang telah diberikan oleh Dinas Kesehatan.

Kasubag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, untuk mendapatkan vaksin Covid-19, masyarakat hanya perlu melakukan registrasi secara online dan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“KTP itu untuk kebutuhan verifikasi karena diregistrasi online ada pilihan hari dan jam vaksinasinya. Namun saat ini hanya melayani warga dengan KTP Medan,” kata Dorothy.

Dalam pelaksanaan vaksinisasi, pihak RSUP Adam Malik hanya membatasi 200 orang penerima vaksin per hari.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang dapat menyebabkan penularan baru virus Covid-19.

“Per harinya kita terima 200 orang, apabila nanti berlanjut atau tidak, lihat stok vaksinnya,” kata Dorothy menambahkan.

Dijelaskannya, bagi lansia penderita diabetes harus menyertakan hasil pemeriksaan gula darah terakhir. Kemudian yang mempunyai komorbid harus terkontrol.

RSUP H Adam Malik telah menyiapkan Posko Screening untuk melakukan pemeriksaan terhadap lansia yang akan divaksin.

“Memang vaksin ini ditujukan untuk lansia yang berumur 60 tahun ke atas. Tapi nanti belum tentu bisa divaksin karena harus kita screening dulu,” pungkasnya. (rel/mustivan)