Camat dan OPD Kolaborasi Wujudkan Medan Bersih

Pihak kecamatan berkolaborasi dalam penanganan kebersihan dan permasalahannya.
Pihak kecamatan berkolaborasi dalam penanganan kebersihan dan permasalahannya.

MEDAN, kaldera.id – Menjadikan Medan bersih dari sampah, Walikota Medan, Bobby Afif Nasution keluarkan intruksi.

Instruksi tersebut yakni, OPD terkait dan pihak kecamatan berkolaborasi dalam penanganan kebersihan dan permasalahannya.

Hal ini disampaikan Walikota Medan, Bobby Afif Nasution diwakili Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman ketika memimpin rapat di Ruang Rapat II Kantor Walikota Medan, Senin (15/3/2021).

Wiriya menegaskan, instruksi tersebut menjadi pedoman dalam menjalankan tupoksi.

“Berdayakan SDM yang ada di setiap instansi, baik itu petugas bestari, melati, P3SU di kecamatan dan petugas Dinas PU. Artinya hal pertama yang dilakukan adalah manajemen. Jika sudah baik, maka target Pemko Medan dalam permasalahan sampah akan terwujud,” tegasnya.

Seluruh OPD dan camat juga harus bekerja sesuai tupoksi dan sepenuh hati. Ikut melakukan pengawasan terhadap SDM yang terlibat langsung dalam penanganan kebersihan. “Artinya mereka harus bekerja sesuai jam kerja. Jangan hanya bekerja sekadarnya. Setelah itu meninggalkan tugas,” katanya.

Tanggung jawab kebersihan Kota Medan berada di Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Akan tetapi camat juga memiliki tanggung jawab untuk kebersihan wilayahnya dengan melibatkan lurah dan kepling.

“Camat selain mengawasi juga berhak melaporkan kinerja petugas kebersihan ke kepala dinas agar di evaluasi,” tambahnya.

Dia menambahkan, penanganan kebersihan di Kota Medan harus komprehensif. Sehabat apapun manajemen dalam penanganan kebersihan ini jika masyarakat tidak berperan, maka sulit terwujud.(reza)