Masuk Penataan Kesawan, Jajanan Kuliner Merdeka Walk Direlokasi?

Kawasan pusat jajanan kuliner Merdeka Walk bakal direlokasi ke Jalan Ahmad Yani, Medan atau kawasan Kesawan. Relokasi ini masuk dalam rencana penataan kawasan Kesawan.
Kawasan pusat jajanan kuliner Merdeka Walk bakal direlokasi ke Jalan Ahmad Yani, Medan atau kawasan Kesawan. Relokasi ini masuk dalam rencana penataan kawasan Kesawan.

MEDAN, kaldera.id – Kawasan pusat jajanan kuliner Merdeka Walk bakal direlokasi ke Jalan Ahmad Yani, Medan atau kawasan Kesawan. Relokasi ini masuk dalam rencana penataan kawasan Kesawan.

Hal ini dilihat dari postingan instagram Humas Pemko Medan terkait penataan kawasan Kesawan. Beberapa langkah yang dilakukan yakni, penataan arcade Jalan Ahmad Yani yang akan dijadikan pedestarian dan areal angkringan. Kemudian penataan Lapangan Merdeka menjadi ruang terbuka hijau, relokasi toko buku, relokasi areal kuliner Merdeka Walk ke areal Warenhuis, dan lainnya.

Penataan ini dilakukan untuk menggairahkan kembali industri pariwisata yang sempat redup akibat pandemi Covid-19. Selain itu, Kesawan direncanakan menjadi pusat UMKM.

“Perencanaan relokasi (Merdeka Walk) ada. Hanya saja masih rencana berjalan,” ujar Kabag Humas Setda Kota Medan, Arrahman Pane, Selasa (16/3/2021).

Apabila tempat relokasi Merdeka Walk tidak memadai, maka lokasi yang ada saat ini akan ditata.

“Perencanaan heritage. Pelaksanaan masih belum. Begitu jugabperpindahan belum tahu. Penataan dan bagaimana. Cuma itu wacana ada pembenahan disitu (Kesawan),” jelasnya.

Penataan kawasan Kesawan, diakuinya tidak bisa sekaligus berjalan. Ada tahapan yang harus dilalui.

“Semua, pelan-pelan. Satu-satu lokasi dibenahi. Kalau ada penolakan, dicari jalan lain. Inikan masih sebatas rencana,” tambahnya.

Rencana memindahkan Merdeka Walk yang ada di Lapangan Merdeka sebelumnya pernah dicetuskan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Mantan Pangkostrad itu ingin Lapangan Merdeka kembali ke fungsi awal yakni ruang terbuka hijau.

Namun, pengelola Merdeka Walk masih terikat kerjasama kontrak dengan Pemko Medan. (reza)