Vaksinasi Drive Thru Dimulai, Target 1.000 Warga Medan Per Hari

Pelaksanaan vaksinasi Drive thru yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan di Pangkalan Udara (Lanud) TNI Soewondo secara resmi dibuka, Rabu (7/4/2021).
Pelaksanaan vaksinasi Drive thru yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan di Pangkalan Udara (Lanud) TNI Soewondo secara resmi dibuka, Rabu (7/4/2021).

MEDAN, kaldera.id- Pelaksanaan vaksinasi Drive thru yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan di Pangkalan Udara (Lanud) TNI Soewondo secara resmi dibuka, Rabu (7/4/2021).

Vaksinasi drive thru yang bekerjasama dengan Halodoc dan Lanud Soewondo Medan ini diresmikan langsung oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution. Vaksinasi drive thru ini sendiri di prioritaskan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan pedamping.

Bagi lansia yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 drive thru ini, diwajibkan untuk mendaftar melalui aplikasi Halodoc dengan KTP asli Kota Medan.

Sementara bagi lansia dengan non KTP Medan, diharapkan membawa Surat Domisili Kota Medan. Kemudian peserta bisa memilih jadwal vaksinasi di aplikasi Halodoc tersebut.

Pada umumnya proses vaksinasi drive thru ini sama dengan vaksinasi lainnya. Diawali dengan pendaftaran, kemudian screening kesehatan, penyuntikan vaksin dan observasi.

Di tempat pelaksanaan juga telah disediakan ambulans dan ICU jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi, untuk penyuntikan dosis kedua akan diinfokan kembali waktunya melalui aplikasi.

Pemko Medan sendiri menargetkan vaksinasi sebanyak 1.000 orang setiap harinya. “Vaksin yang hari ini pemerintah Kota Medan siapkan ada 60 ribu vaksin, berarti kalau satu hari bisa seribu, berarti ada 60 hari,” kata Bobby Nasution.

Sampai hari ini kata, Bobby vaksinisasi masih di prioritaskan untuk masyarakat lansia dan pendamping. Namun kedepan, pihaknya juga menargetkan untuk pelayan publik dan masyarakat.

Melalui vaksinasi ini Bobby berharap dapat mempercepat program vaksinasi di Indonesia khususnya Kota Medan.” Ketika vaksinasi dipercepat, pertumbuhan ekonomi pasti akan bisa sama-sama cepat. Oleh karena itu vaksinasi massal ini menjadi salah satu program prioritas dari pemko medan menangani covid-19 melalui vaksinasi,” pungkasnya. (finta rahyuni)