Ratusan Lansia Ikuti Vaksinasi di Asrama Haji Medan

Sekitar ratusan warga lanjut usia (lansia) dari berbagai Kecamatan Kota Medan, mengikuti kegiatan vaksinasi di gedung Madinatul Hujjaj, Asrama Haji, Rabu (7/4/2021).
Sekitar ratusan warga lanjut usia (lansia) dari berbagai Kecamatan Kota Medan, mengikuti kegiatan vaksinasi di gedung Madinatul Hujjaj, Asrama Haji, Rabu (7/4/2021).

MEDAN, kaldera.id – Sekitar ratusan warga lanjut usia (lansia) dari berbagai Kecamatan Kota Medan, mengikuti kegiatan vaksinasi di gedung Madinatul Hujjaj, Asrama Haji, Rabu (7/4/2021).

Pantauan Kaldera.id di lokasi, puluhan petugas medis dari TNI/Polri dilibatkan untuk melakukan vaksinasi ke para lansia.

Salah satu peserta vaksinasi yakni Sukiran, 60, warga Medan Labuhan mengatakan, kegiatan tersebut (Vaksinasi) diketahuinya dari Kepala Lingkungan (Kepling) tempat tinggalnya.

“Beberapa waktu lalu ada di informasikan dari Kepling, jika ada warga yang mau di vaksin, hanya dengan mengumpulkan fotocopy KTP saja,” kata Sukiran.

Sukiran menambahkan, sebelum menuju lokasi vaksinasi ini, dia beserta lansia lainnya dikumpulkan terlebih dahulu di Polsek Labuhan.

“Sekitar jam 7 pagi saya beserta lansia lainnya terlebih dahulu dikumpulkan di Polsek Labuhan. Selanjutnya kami diantar ke sini menggunakan Bus Pariwisata,” kata Sukiran menambahkan.

Dr Fauziah salah satu petugas medis menjelaskan, untuk kriteria yang dibolehkan ikut program vaksinasi tersebut harus diatas umur 60 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

“Kegiatan ini hanya boleh di ikuti lansia diatas 60 tahun. Tidak hanya itu, bagi yang memiliki penyakit jantung juga tidak boleh di vaksin,” jelas Dr Fauziah.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan menyebut kegiatan vaksinasi di Asrama Haji itu merupakan bagian dari (Program vaksinasi) Lanud Soewondo Medan.

“Vaksinasi di Lanud Soewondo itu bagian dari sini juga (Asrama Haji). Untuk yang di sini sudah tervaksin sekitar 500 orang. Jadi ini satu hari saja kegiatannya,” sebutnya.

Lebih lanjut, di sela-sela kegiatan tersebut, turut hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, Pangdam I/BB Mayjend TNI Hassanudin, Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Rycko Amelza Dahniel, para pejabat utama (PJU) untuk menyapa para petugas medis dan lansia yang terlibat di kegiatan vaksinasi tersebut. (mustivan mahardhika)