Lewat Laznas DPF, 1.071 Mustahik Terima Zakat dari PT Herfinta

Sebanyak 1.071 mustahik yang berada di sekitar perkebunan PT Herfinta Farm and Plantation (HFP) terima zakat yang disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Djalaludin Pane Foundation (LAZNAS DPF), Sabtu (1/5/2021).
Sebanyak 1.071 mustahik yang berada di sekitar perkebunan PT Herfinta Farm and Plantation (HFP) terima zakat yang disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Djalaludin Pane Foundation (LAZNAS DPF), Sabtu (1/5/2021).

MEDAN, kaldera.id- Sebanyak 1.071 mustahik yang berada di sekitar perkebunan PT Herfinta Farm and Plantation (HFP) terima zakat yang disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Djalaludin Pane Foundation (LAZNAS DPF), Sabtu (1/5/2021). Mustahik merupakan golongan orang yang berhak menerima zakat.

Terdata ada sebanyak 5 lokasi sebaran zakat yang disalurkan yakni di Tanjung Medan, Cikampak, Mujur, Teluk Panji, dan Kota Medan. Penyaluran dilakukan sejak 29 April hingga 1 Mei 2021.

CEO Laznas DPF Ardian Ramadani Pulungan mengatakan penyaluran ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Yayasan Wakaf Djalaluddin Pane yang kini bertransformasi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional yang telah mendapatkan mandat langsung dari Menteri Agama RI.

Penyaluran ini juga sebut Ardian mengedepankan literasi kepada penerima manfaat agar memaksimalkan bantuan yang ada untuk kebutuhan- kebutuhan belanja produktif.

“Kami doakan juga semoga para penerima manfaat di tahun depan sudah berkecukupan sehingga turut ikut membantu saudaranya yang lain,” ujar Ardian.

Bersamaan dengan hal itu, Manager HRD PT Herfinta Farm & Plantation Geri Wahyudi Karim menjelaskan bahwa zakat perusahaan Herfinta biasa dikeluarkan di bulan Ramadan. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada para fakir miskin di sekitar unit usaha yang ada.

“Nilai perusahaan ini adalah juga membawa kemaslahatan bagi umat yang sebesar- besarnya. Nilai yang perusahaan ini teladani dari sosok pendiri Herfinta, Almarhum Bapak Djalaluddin Pane,” ujar Geri.

Bersyukur atas zakat yang diterimanya

Rasa haru juga tak tertahankan oleh seorang penerima manfaat, Mbah Bijan, wanita paruh baya itu mengaku bersyukur atas zakat yang diterimanya.

“Terima kasih Ya Allah, Terima kasih Herfinta, terharu rasanya, semoga Allah memberkahi kalian semuanya,” ucapnya sembari menggenggam amplop berisi uang zakat.

Mengetahui dana zakat ini disalurkan melalui Laznas DPF, mbah Bijan pun mengaku teringat akan sosok Almarhum Djalaluddin Pane yang merupakan Mantan Bupati Labuhanbatu.

“Kalian kasih bantuan ini, teringat aku sama adikku (panggilannya kepada Djalauddin Pane) yang baik dan ramah. Bersyukurlah ada lembaganya ini Laznas DPF yang melanjutkan kebaikannya,” ucapnya haru.

Sebelumnya, PT Herfinta Farm & Plantation juga telah menyerahkan zakat perusahaan sebesar Rp. 392.064.378 melalui Laznas DPF. Zakat itu sudah disalurkan kepada mustahik yang berada di sekitaran kebun dan kantor PT Herfinta Farm & Plantation. (finta rahyuni)