DPRD Sumut Jadwal Pemanggilan Kadis Pendidikan Soal Permasalahan PPDB

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting

MEDAN, kaldera.id- DPRD Sumatera Utara (Sumut) menjadwalkan pemanggilan terhadap Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaifuddin terkait permasalahan website pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 yang banyak dikeluhkan oleh pendaftar.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting sendiri belum mematikan kapan DPRD Sumut akan melakukan pemanggilan. Namun, menurutnya pemanggilan itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kita akan panggil dinas pendidikan apa sebabnya begini, tidak sesuai dengan aturannya. Sekarang sudah terbuka gak bisa main-main lagi, semua udah secara online semua sudah tau itu,” kata Baskami, Rabu (9/6/2021).

Dia menyebutkan, seharusnya Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi turun menyelesaikan persoalan ini, dan bertanggung jawab. Namun begitu, Baskami mengakui, akan melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada Dinas Pendidikan.

“Jadi pembuktian itu nanti dibelekkan kedinas pendidikan, kenapa bisa begini. Nanti juga akan kita cek kebenarannya, dan minta pertanggungjawaban kepala dinas apa sebenarnya kesalahannya,” ujarnya. 

Diketahui sebelumnya, sejumlah pendaftar mengeluhkan website PPDB yang seringkali mengalami gangguan.

Dalam kerusakan tersebut, terdapat sejumlah kendala dalam pengisian data base dan penempatan wilayah. Seperti, pilihan awalnya SMA Negeri 1, namun yang muncul SMA Pantai Labu. Dalam website juga tidak tertera pilihan jalur, afirmasi, zonasi, prestasi dan lainnya. (finta rahyuni)