Kinerja Pemko Jadi Mudah, Bobby Dukung Program P3KS

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mendukung upaya Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) membenahi Kampung Sejahtera
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mendukung upaya Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) membenahi Kampung Sejahtera

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mendukung upaya Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) membenahi Kampung Sejahtera sekaligus menghilangkan imej negatif kawasan yang dulu dikenal dengan nama Kampung Kubur dan zona merah peredaran narkoba itu.

Dukungan ini disampaikan Bobby Nasution saat menerima audiensi P3KS yang diketuai Aminur Rasyid di Ruang Khusus Walikota Medan, Selasa (15/6/2021).

Bobby Nasution menyatakan, keberadaan komunitas-komunitas dengan berbagai program yang menyentuh kepentingan masyarakat ini sangat membantu Pemko Medan.

“Komunitas-komunitas ini menjadikan kerja Pemko Medan lebih mudah. Pemko Medan tidak mungkin bekerja sendiri tanpa berkolaborasi dengan masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengatakan, Kampung Sejahtera dapat berubah jika memang anak-anak mudanya ingin mengubahnya. Komitmen P3KS dalam membenahi Kampung Sejahtera ini, lanjutnya, memang patut didukung.

Dalam pertemuan itu, Aminur Rasyid menyampaikan konsep transformasi Kampung Kubur di Jalan Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah itu menjadi Kampung Sejahtera.

Usaha transformasi ini dilatari semangat pemuda-pemudi Kampung Sehat untuk mengubah citra tempat tinggal mereka. Selain itu, aliran Sungai Babura yang melintasi kawasan itu memerlukan perhatian berkaitan dengan keasrian, kebersihan, dan kelestarian lingkungannya. Dia juga mengatakan kawasan Kampung Sejahtera dan sekitarnya ini juga kaya dengan sejarah, budaya, kuliner, dan objek tarik wisata.

Rasyid juga memaparkan program-program P3KS, di antaranya menyediakan aktivitas olah raga luar ruang bagi kelompok muda, meningkatkan minat baca dengan membentuk Rumah Baca Babura, melakukan aktivitas penyadaran lingkungan melalui Sekolah Sungai, menata kawasan sungai dan Kampung Sejahtera dan menyelenggarakan berbagai perhelatan.

Program terdekat yang akan dilakukan, sebut Aminur Rasyid, adalah nikah massal. Hal ini dimaksudkan agar pasangan-pasangan tanpa nikah yang hidup serumah dapat meresmikan hubungan mereka dalam sebuah pernikahan sah.

“Selain untuk warga Kampung Sejahtera, nikah massal ini juga dapat diikuti oleh warga dari kecamatan lain,” ujarnya seraya menambahkan, pasangan pengantin juga akan diarak dengan perahu di atas Sungai Babura dengan pakaian adatnya. “Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri,” tambahnya.

Bobby Nasution tertarik dengan rencana ini dan mengharapkan agar perhelatan ini digarap secara serius dan menyarankan agar pelaksanaan dilakukan pada Juli, merupakan bulan HUT Medan.

Harapan dan saran Walikota ini kian menambah semangat para pegiat P3KS. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Bapak Walikota. Ini menambah semangat kami untuk terus berbuat,” pungkasnya. (reza)