UIN Sumut Kerjasama dengan Kedubes Afghanistan, Perkuat Jaringan Intelektual Global

Rektor UIN Sumatera Utara, Prof Dr Syahrin Harahap MA dan Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Faizullah Zaki Ibrahim menandatangani kerjasama (MoU) bidang pendidikan, Selasa (15/6/2021).
Rektor UIN Sumatera Utara, Prof Dr Syahrin Harahap MA dan Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Faizullah Zaki Ibrahim menandatangani kerjasama (MoU) bidang pendidikan, Selasa (15/6/2021).

MEDAN – Rektor UIN Sumatera Utara, Prof Dr Syahrin Harahap MA dan Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Faizullah Zaki Ibrahim menandatangani kerjasama (MoU) bidang pendidikan, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang UIN Sumatera Utara ini menyepakati kerjasama dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan harapan mampu membantu bagi pengembangan ilmu dan peradaban.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya penandatanganan MoU antara UIN Sumatera Utara dan pemerintah Afghanistan,” ucap Rektor saat memberi kata sambutan.

Dalam pidatonya tersebut, Rektor UIN Sumatera Utara mengungkapkan bahwa MoU ini adalah legal standing dan jembatan untuk meneruskan dan merealisasikan kerjasama UIN Sumut dengan Afghanistan. Harapannya, akreditasi unggul dan mendukung UIN Sumatera Utara menuju World Class University.

“Kerjasama ini merupakan hal yang penting bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kontribusi dalam pembangunan, baik dalam skala nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Dubes Afghanistan Faizullah Zaki Ibrahim, menyambut baik kerjasama ini. Dia pun mengapresiasi UIN Sumatera Utara sebagai pusat integrasi keilmuan (wahdatul ulum) dan moderasi beragama, yang disebut Prof Syahrin, sebagai bentuk strategi UIN Sumatera Utara menyatukan anak bangsa dari latar belakang yang beragam.

BACA JUGA :  Rektor UIN Sumut: Implementasi Wahdatul 'Ulum harus Lahirkan Produk di 2022

Pada kesempatan yang sama, Dr H Rahmat Shah yang mendampingi Dubes Afghanistan, mengatakan kerjasama ini adalah yang pertama untuk di Pulau Sumatera.

“Beberapa kampus di Jawa sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah Negara Islam Pakistan, untuk di Sumatera sendiri ini adalah yang pertama. UIN Sumatera Utara,” ujarnya.

Tokoh nasional yang juga Dewan Penyantun UIN Sumatera Utara tersebut berharap agar kerjasama ini dapat berlanjut dan berkembang pada kerjasama yang akan mendukung kemajuan pendidikan bagi kedua belah pihak.

Turut hadir sejumlah pejabat UIN Sumatera Utara seperti Wakil Rektor II Dr Hasnah Nasution, Wakil Rektor III Dr Nispul Khoiri, Wadir Pascasarjana Dr Phil Zainul Fuad, Dekan FEBI Dr Muhammad Yafiz, Kepala Biro dan Kabag Kerjasama UIN Sumut.(Finta)