Bobby: Jangan Sampai Air di Drainase Kota Medan, Galau

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau kondisi drainase di Jalan Sunggal, Lingkungan IV, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (16/6/2021).
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau kondisi drainase di Jalan Sunggal, Lingkungan IV, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (16/6/2021).

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau kondisi drainase di Jalan Sunggal, Lingkungan IV, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (16/6/2021).

Peninjauan tersebut dilakukan setelah menerima keluhan warga terkait kondisinya. Drainase tersebut mengalami sendimen dan alirannya terputus -putus.
Akibatnya volume air tidak tertampung dan genangan air di badan jalan.

Bobby Nasution menegaskan, dirinya telah meminta agar pembenahan drainase dilakukan berdasarkan kajian teknis. Dengan demikian, dapat dipetakan secara jelas aliran airnya dan anggaran yang dikucurkan tidak terbuang percuma.

“Kita nggak mau air di drainase Kota Medan ni galau karena tak tahu harus mengalir kemana. Harus jelas. Oleh karena itu, untuk pekerjaan drainase tahun ini tadi saya minta ada kajian teknis. Jangan kita ngerjain drainase, cuma buang-buang uang. Airnya nggak jelas ke mana, tapi anggarannya habis,” ungkap Bobby Nasution.

Bobby Nasution mengatakan, memang tahun ini dia telah mengevaluasi pekerjaan drainase. “Tahun ini kita buat perencanaan teknisnya, kalau perlu tahun depan dikerjakan. Semua kita bongkar. Menunggu tahun depan, keluhan masyarakat seperti ini tetap kita kerjakan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Eks Hotel Soechi Jadi Lokasi Isoman Positif Covid-19 Gejala Ringan

Dia mengajak masyarakat untuk menjaga dan tidak menutupi drainase untuk dijadikan tempat berusaha. “Itu akan merugikan masyarakat sendiri, karena menutup drainase akan menyebabkan banjir,” ucap Bobby Nasution.

Lurah Tanjung Rejo, Aisyah Rambe, yang berada di lokasi mengakui, kawasan tersebut selalu dilanda banjir saat hujan turun akibat kondisi drainase yang buruk. Dia menyebutkan, drainase yang tersumbat karena sendimentasi di Lingkungan IV, Kelurahan Tanjung Rejo, Medan Sunggal itu sepanjang 700 meter.

Dia menyatakan, besok pihaknya akan melakukan pengorekan dan pembersihan parit yang tersumbat tersebut. Disebutkannya juga, korekan sendimentasi tidak akan dibiarkan di pinggiran jalan, agar saat hujan turun tidak dibawa air kembali ke drainase.

“Besok, kita bersama Petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum akan mengorek dan membersihkan parit ini,” ucapnya.(reza)