Kalah 0-2, Mimpi Belanda Terkubur Di Puskas Ferenc

Timnas Belanda harus mengubur impian menjuarai Euro 2020 setelah secara mengejutkan ditaklukan Timnas Ceko 0-2 di Stadion Puskas Ferenc, Minggu (27/6/2021).
Timnas Belanda harus mengubur impian menjuarai Euro 2020 setelah secara mengejutkan ditaklukan Timnas Ceko 0-2 di Stadion Puskas Ferenc, Minggu (27/6/2021).

MEDAN, kaldera.id – Timnas Belanda harus mengubur impian menjuarai Euro 2020 setelah secara mengejutkan ditaklukan Timnas Ceko 0-2 di Stadion Puskas Ferenc, Minggu (27/6/2021).

Dua gol Ceko diciptakan melalui tandukan kepala T Holes pada menit 68. Gol ini berawal dari tendangan bebas yang langsung diarahkan ke mulut gawang kemudian disambut dengan tandukan T Kalas yang mengirim bola ke Holes. Tandukan Holes tak mampu dibendung tiga pemain Belanda.

Sedangkan gol kedua, diciptakan P Schick pada menit 80. Memanfaatkan umpan silang Holes. Schick yang berdiri bebas langsung melepaskan tendangan kaki kirinya tanpa bisa dihalau penjaga gawang The Orange – julukan Belanda, Stekelenburg. Gol ini menambah pundi pemain Bayer Leverkusen itu menjadi tiga gol di turnamen ini.

Kekalahan Belanda semakin lengkap dengan diusirnya pemain belakang mereka, M de Ligt pada menit 55 karena menyentuh bola dengan sengaja.

Kemenangan Ceko tak lepas dari para pemain disiplin melaksanakan tugasnya. Para pemain menutup pergerakan pemain lawan. Selain itu, berhasil melakukan blok setiap tembakan yang dilancarkan.

Anak asuh J Silhavy juga bermain cukup berani. Skema serangan dibangun dengan maksimal. Permainan cepat yang diperagakan A Barak dan kawan-kawan membuat barisan pertananan Belanda kelimpungan menutup pergerakan.

Akibat gencarnya tekanan -tekanan yang diberikan membuat G Wijnaldum dan kawan-kawan semakin frustasi. Akibatnya, skema permainan tidak berjalan maksimal. Serangan mudah dipatahkan. Bahkan, beberapa peluang banyak terbuang percuma. Pergantian pemain dilakukan Frank De Boer tidak banyak membantu.(reza)