Jorginho Bawa Italia ke Final Euro 2020

Timnas Italia akhirnya menuntaskan dendam Euro 2012 terhadap Spanyol. Tim besutan Roberto Mancini menang lewat drama adu pinalti 5-3 pertandingan semifinal pertama Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu dini hari (7/7/2021)
Timnas Italia akhirnya menuntaskan dendam Euro 2012 terhadap Spanyol. Tim besutan Roberto Mancini menang lewat drama adu pinalti 5-3 pertandingan semifinal pertama Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu dini hari (7/7/2021)

MEDAN, kaldera.id – Timnas Italia akhirnya menuntaskan dendam Euro 2012 terhadap Spanyol. Tim besutan Roberto Mancini menang lewat drama adu pinalti 5-3 pertandingan semifinal pertama Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu dini hari (7/7/2021).

Dalam waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1. Italia lebih dulu unggul lewat Gol Chiesa melalui skema serangan balik yang cepat pada menit 60. Tendangan melengkung pemain yang merumput di Juventus itu tak bisa diantisipasi penjaga gawang Spanyol, Unai Simon.

Sedangkan gol balasan La Furia Roja – julukan Spanyol diciptakan Alvaro Morata pada menit 80 setelah menerima umpan Olmo. Morata melepaskan tendangan kaki kiri tanpa bisa dihalau G Donnarumma yang sudah mati langkah.

Dalam pertandingan ini, Mancini tidak menerapkan strategi khusus. Dirinya menginsttuksikan anak asuhnya lebih memilih bertahan total. Para pemain ditumpuk di areal pertahanan. Hanya menyisakan Immobille, Chiesa dan Insigne di depan.

Gli Azzuri lebih mengandalkan serangan balik cepat dan umpan panjang langsung ke jantung pertahanan. Hal ini membuat anak asuh Luis Enrique lebih banyak menekan dan menguasai bola.

Permainan umpan satu dua yang cepat terus diperagakan S Busquets dan kawan-kawan sejak menit awal. Namun, rapatnya pertananan lawan, tekanan diberikan dapat dipatahkan.

Italia baru memulai bermain terbuka pada 15 menit perpanjangan waktu kedua. Mancini merubah taktik dengan bermain lebih offensive untuk menciptakan gol. Dia ingjn anak asuhnya memanfaatkan stamina lawan yang mulai terkuras akibat bermain terlalu gencar menyerang sejak menit awal.
Sayangnya, upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Dalam drama adu pinalti, penendang pertama Italia, Locatelli gagal menunaikan tugasnya. Tendangan ya dapat ditepis Simon. Sedangkan di pihak Spanyol, Olmo dan Morata gagal mengeksekusi. Tembakan Olmo melesat ke atas mistar. Sedangkan Morata ditepis Donnarumma.

Kemenangan Italia ditentukan eksekusi Jorginho. Pemain Chelsea itu dengan mudah menaklukan Simon dan membawa timnnya ke babak final. Di partai final Italia akan berhadapan dengan pemenang Inggris melawan Denmark di Stadion Wembley, Kamis dini hari (8/7/2021). (reza)