Kelompok 42 KKN DR UIN Sumut Gelar Webinar Bijak Gunakan Teknologi

Kelompok 42 Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR) UIN Sumatera Utara menggelar Webinar dengan
Kelompok 42 Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR) UIN Sumatera Utara menggelar Webinar dengan "Peran Teknologi Digital di Masa Pandemi dan Perubahan Budaya Mahasiswa dalam Menerima Informasi".

MEDAN, kaldera.id – Kelompok 42 Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR) UIN Sumatera Utara menggelar Webinar dengan “Peran Teknologi Digital di Masa Pandemi dan Perubahan Budaya Mahasiswa dalam Menerima Informasi”.

Acara yang dilakukan melalui virtual zoom meeting pada Sabtu (31/7/2021), mengundang narasumber Dr Phil Zainul Fuad Dan Wahyu Nizam (Duta Bahasa Sumut) Serta Moderator Astriana Pratiwi.

Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi salah satu program kerja di bidang sains dan teknologi dari KKN kelompok 42. Webinar diikuti 80 peserta yang berasal dari mahasiswa di kota Medan dan masyarakat Kelurahan Dwikora Medan Helvetia.

Dr Phil Zainul Fuad menyampaikan, sangat mengapresiasi terlaksananya webinar ini. Menurutnya, kemajuan teknologi digital sangat berpengaruh dalam mengubah budaya mahasiswa dalam menerima informasi, termasuk ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Seorang mahasiswa, kata Fuad harus melek dengan teknologi, dan mampu bersaing dengan kompetitor lain. Salahsatunya, dengan menguasai keterampilan komunikasi yang baik sehingga mampu menjaga ketertinggalan yang ada.

“Terutama dalam berkomunikasi di media sosial. Mahasiswa harus bijak dan kritis dalam menerima informasi yang beredar,” ujar Wakil Direktur Pascasarjana UIN Sumut ini.

Wahyu Nizam selaku pemateri kedua menyampaikan webinar adalah program yang bagus, apalagi dimasa sekarang KKN dilaksanakan dari rumah. Jadi, untuk membantu memberikan edukasi kepada masyarakat, webinar menjadi pilihan tepat, agar segala bentuk informasi dapat diberikan secara luas dengan media daring.

“Tema yang diangkat juga bagus, tentang era digital. Ini juga menjadi bukti bahwa anak muda memang lebih dekat dengan dunia digital dan harus melek digital serta memanfaatkannya untuk hal yang positif,” ujarnya.

Rizky Pratama sebagai ketua kelompok 42 berharap walaupun di tengah pandemi kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang teknologi dan digitalisasi.(rel/efri)