Gus Irawan Fasilitasi Bantuan Modal KUR BNI Ke Petani Asahan

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumatera Utara memfasilitasi bantuan pembiayaan modal melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani Bank BNI, bagi 21 petani di Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan.
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumatera Utara memfasilitasi bantuan pembiayaan modal melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani Bank BNI, bagi 21 petani di Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan.

ASAHAN, kaldera.id- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumatera Utara memfasilitasi bantuan pembiayaan modal melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani Bank BNI, bagi 21 petani di Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan.

Hal itu disampaikan Ketua HKTI Sumut Gus Irawan Pasaribu kepada sejumlah wartawan, Selasa (13/7/2021), seusai mengikuti acara pemberian bantuan modal bagi petani, oleh jajaran Bank BNI dan dihadiri Muspika setempat, yang dilaksanakan di Kantor Desa Rawang Pasar VI, Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, Senin (12/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Gus Irawan menyampaikan, bantuan permodalan itu merupakan program pihaknya bekerjasama dengan BNI sebagai penyalur modal melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) tani.

“Permodalan diberikan kepada 21 orang petani dengan bantuan pinjaman dibawah 50 juta dan bunga 6 persen pertahun. Maka silahkan dimanfaatkan bantuan KUR tani ini. Harapannya agar para petani ini tidak meminjam uang untuk modal pertanian mereka kepada rentenir,” kata Gus Irawan.

Pengembalian 100% pada empat musim tanam

Lebih lanjut Gus Irawan menyampaikan bahwa KUR tani ini sebelumnya sukses dilakukan di Kabupaten Langkat dan Deli Serdang dengan pengembalian 100% pada empat musim tanam.

“Sehingga hal inilah yang mendorong HKTI untuk melakukan kegiatan serupa membantu para petani yang ada di Kabupaten Asahan, dan tidak menutup kemungkinan program ini juga akan dilakukan di daerah-daerah lain di Sumatera Utara, ” ujarnya.

Sementara, Ketua Pemuda Tani Kabupaten Asahan, Reza Andika yang hadir dalam kesempatan itu, mengharapkan kepada para petani agar memaksimalkan bantuan pembiayaan modal dengan bunga rendah ini digunakan untuk kepentingan pertanian.

“Bantuan tersebut harus amanah, jaga kepercayaannya sehingga program ini bisa berlanjut terus di Asahan dan bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi oleh para petani,” kata Reza.

Ketua DPRD Asahan, Baharudin Harahap pada kesempatan itu mengapresiasi bantuan kerjasama yang diinisiasi oleh HKTI Sumatera Utara, apalagi mengingat Kecamatan Rawang Panca Arga yang merupakan salah satu lumbung padi di Asahan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani.

Dikatakan anggota dewan dari Partai Gerindra Asahan itu, bahwa melalui partai Gerindra saat ini tengah berupaya melakukan pencetakan lahan sawah baru di Kabupaten Asahan yang berada di wilayah Sei Kepayang.

“Partai Gerindra sangat mendukung program kesejahteraan bagi para petani kita ada menginisiasi 3.200 hektar lahan cetak sawah baru di Sei Kepayang,” pungkasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut penasehat HKTI Sumut Prof Djohar Arifin, Camat Rawang Panca Arga Ramadan Nasution, Kapolsek Kota Kisaran IPTU Joy Ananda Sianipar, serta masyarakat petani setempat. (finta rahyuni)