Rektor UIN Sumut Kukuhkan 6.407 Kader Moderasi Beragama dan Islam Wasathiyah

Sebanyak 6.407 mahasiswa UIN Sumatera Utara (Sumut) yang baru saja melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masyarakat dilantik Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap sebagai kader Moderasi Beragama dan Islam Wasathiyah di Sumut, kemarin.
Sebanyak 6.407 mahasiswa UIN Sumatera Utara (Sumut) yang baru saja melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masyarakat dilantik Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap sebagai kader Moderasi Beragama dan Islam Wasathiyah di Sumut, kemarin.

MEDAN, kaldera.id- Sebanyak 6.407 mahasiswa UIN Sumatera Utara (Sumut) yang baru saja melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masyarakat dilantik Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap sebagai kader Moderasi Beragama dan Islam Wasathiyah di Sumut, kemarin.

KKN-DR yang dikoordinir LPPM UIN Sumut bertujuan menjadikan mahasiswa sebagai generasi muda yang ‘ulul albab dan kader bangsa serta memahami serta menerapkan moderasi beragama. Prof Syahrin mengharapkan, mahasiswa memiliki ilmu dan bisa menyebarkan Islam yang wasathiyah dan bersifat kader moderasi beragama.

“Sebagai janji kami kepada negara, bahwa tamatan UIN Sumut akan mengajarkan dan mengamalkan wasathiyatul Islam dan Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” katanya.

Kader moderasi beragama, kata Prof Syahrin, memiliki ilmu yang dalam, berpandangan positif terhadap orang lain, punya prinsip memberikan yang terbaik pada sesama, mendengarkan kata hatinya.

“Harapan kami, mahasiswa menjadi kader bangsa yang memajukan negara sesuai profesinya dan bidangnya dimana pun berada. Selesaikan studi tepat waktu,” urainya.

Peserta KKN kata Prof Syahrin, melakukan pengamatan secara langsung persoalan-persoalan masyarakat terkait ekonomi, sosial, politik dan keagamaan. Lewat pengamatan langsung tersebut mereka memahami persoalan yang dihadapi masyarakat terkait ekonomi, kesejahteraan, pendidikan yang dapat berdampak pada munculnya persoalan-persoalan sosial termasuk dalam bidang keagamaan.

“Berbekal pemahaman tersebut, peserta KKN mampu berbuat untuk memajukan kecerdasan lewat percepatan penyelesaian pendidikan, peningkatan kesejahteraan dan penguatan persatuan bangsa dan penyebarluasan moderasi beragama dan Islam yang wasatiyah. Pelaksanaan kerja-kerja ini oleh peserta KKN yang membuat mereka patut dikukuhkan sebagai Kader Moderasi Beragama dan Islam Wasathiyah.

Sementara, Ketua LPPM UIN Sumut, Dr Hasan Sazali menyampaikan, 6.407 mahasiswa tersebut terbagi ke dalam 218 kelompok KKN yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera, yakni di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau dan Malaysia bagi mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

Selain itu, saat ini UIN Sumut juga mengikuti berbagai program KKN lain seperti KKN Serumpun di Padang Pariaman Sumbar. UIN Sumut juga mengapresiasi para dosen pembimbing lapangan dan monitoring yang mendampingi mahasiswa dalam pengabdian.(finta rahyuni)