Site icon Kaldera.id

Besok KM Bukit Raya Mulai Dibuka untuk Isoter, Bisa Tampung 485 Orang

KM Bukit Raya yang menjadi salahsatu tempat isolasi terpusat (Isoter) bagi warga yang terpapar Covid-19 di Kota Medan mulai beroperasi besok, Jumat (20/8/2021).

KM Bukit Raya yang menjadi salahsatu tempat isolasi terpusat (Isoter) bagi warga yang terpapar Covid-19 di Kota Medan mulai beroperasi besok, Jumat (20/8/2021).

MEDAN, kaldera.id- KM Bukit Raya yang menjadi salahsatu tempat isolasi terpusat (Isoter) bagi warga yang terpapar Covid-19 di Kota Medan mulai beroperasi besok, Jumat (20/8/2021).

Isoter ini diperuntukkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan, ibu hamil, lansia, orang tanpa gejala (OTG) hingga masyarakat yang rentan terpapar.

Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat meninjau kesiapan kapal menyebut kapal yang merupakan bantuan pemerintah pusat itu diperkirakan bisa menampung hingga 450 orang. Normalnya, kapal ini bisa menampung hingga 900 penumpang.

Pantauan dilokasi, petugas memang terlihat masih mempersiapkan tempat tidur yang akan digunakan untuk pasien Covid-19. Tempat tidur itu juga terlihat masih menumpuk. Meski begitu, Bobby optimis seluruhnya akan siap pada esok hari.

“Mudah-mudahan lagi kami kejar, kami lagi bekerjasama agar besok sudah bisa digunakan. Malam lah paling, sore sudah selesai. Ini ada beberapa hal teknis yang perlu dirapatkan sekali lagi untuk benar-benar besok. Bukan hanya menampung secara fisiknya, tapi pengorganisasiannya juga sudah selesai,” kata Bobby, Kamis (19/8/2021).

Dalam menangani pasien Covid-19 di KM Bukit Raya ini, Pemko Medan sudah menyiapkan sebanyak 50 tenaga kesehatan (nakes). Setiap 100 pasien akan ditangani oleh 4 dokter dan 8 perawat.

Untuk menjaga jarak antar pasien, nantinya akan dipasang sekat antara pasien satu dengan yang lainnya. Hal itu juga, sebut Bobby masih dalam proses pengerjaan.

Setelah dibuka nantinya, ada sekitar 100 orang yang sudah akan melakukan Isolasi di kapal yang biasanya melayani rute Jakarta-Natuna itu. Mereka yang akan melakukan isolasi ini, mayoritas masyarakat Medan bagian Utara.

“Tentunya di masyarakat Medan bagian Utara, tapi ini punyanya kota Medan, jadi semua masyarakat kota Medan boleh saja dibawa kesini,” sebutnya.

Dalam hal itu, Bobby juga menegaskan bahwa masyarakat yang akan melakukan isolasi di kapal itu tidak dipungut biaya sama sekali.

“Untuk masyarakat yang bisa masuk ke Isoter di KM Bukit raya ini, sama persis seperti Isoter Isoter lainnya,” pungkas Menantu Presiden Joko Widodo itu. (finta rahyuni)

Exit mobile version