UMNO Naik Tahta Lagi, Ismail Sabri Besok Dilantik jadi PM Malaysia

Perahu politik Malaysia kembali punya nakhoda baru. Malaysia menetapkan Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri (PM) yang baru, Jumat (20/8/2021) sore waktu setempat.
Perahu politik Malaysia kembali punya nakhoda baru. Malaysia menetapkan Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri (PM) yang baru, Jumat (20/8/2021) sore waktu setempat.

MEDAN, kaldera.id – Perahu politik Malaysia kembali punya nakhoda baru. Malaysia menetapkan Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri (PM) yang baru, Jumat (20/8/2021) sore waktu setempat.

Dengan diangkatnya Ismail Sabri, maka partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) naik lagi ke tampuk kekuasaan Malaysia.

Mengutip The Star, Raja Malaysia sudah menyetujui ini bersama semua Sultan negara-negara bagian. Kemungkinan Ismail akan dilantik besok, Sabtu (21/8/2021).

Hal senada juga dimuat The Vibes.com. Pelantikan akan dilakukan besok pukul 14.30 waktu setempat.

“Istana Negara telah mengonfirmasi Ismail Sabri akan menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-9,” tulis media tersebut.

Pengangkatan politisi berusia 61 tahun itu diumumkan Istana Negara Malaysia, setelah mendapat dukungan dari mayoritas anggota parlemen.

Ismail Sabri adalah Wakil Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO). Nama Ismail sendiri dilaporkan telah disetujui oleh koalisi Barisan Nasional.

“Pria berusia 61 tahun itu memperoleh kepercayaan lebih dari setengah dari 222 anggota parlemen dengan dukungan partai Muhyiddin, Bersatu, dan partai Islam PAS,” ujar anggota parlemen UMNO Tajuddin Abdul Rahman kepada Bernama.

Ismail sendiri mempelopori kebijakan keamanan selama krisis Covid-19. Ia dipromosikan menjadi Wakil PM pada Juli lalu dalam upaya Muhyiddin meredakan ketegangan dengan UMNO.(efri/bbs/int)