Lantik Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Gubsu Minta Percepat Serapan Anggaran

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akhirnya melantik Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Ellya Rosa Siregar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (13/9/2021)
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akhirnya melantik Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Ellya Rosa Siregar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (13/9/2021)

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akhirnya melantik Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Ellya Rosa Siregar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (13/9/2021). Edy meminta agar keduanya dapat mempercepat serapan anggaran daerah.

Sebab, kata Edy saat ini, serapan anggaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu masih 38,5%. Padahal akhir 2021 hanya tinggal kurang lebih empat bulan lagi. Menurutnya, motor pembangunan adalah anggaran, karena itu harus dikejar secepat mungkin.

“Kabupaten Labuhanbatu baru 38,5%, masih sangat jauh, yang harusnya September itu sudah berada di 60% atau 70%, untuk itu harus kerja keras bupati, ” ujar Edy.

Untuk itu, katanya, bupati dan wakil bupati harus segera mengonsolidasikan semua pihak agar percepatan realisasi anggaran dapat tercapai. Penyerapan anggaran mempengaruhi perpuataran uang di daerah, tentunya hal itu juga berpengaruh terhadap inflasi.

“Anda (bupati/wakil bupati) tak bisa bekerja sendiri sendiri, harus kompak dengan Forkopimda sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, sehingga penyerapan anggaran cepat tercapai,” sebut Mantan Pangkostrad itu.

BACA JUGA :  Presiden RI Joko Widodo Tiba di Sumut, Bakal Tinjau Vaksinasi

Edy juga berpesan agar keduanya menyelaraskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Labuhanbatu dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Meski memang kepentingan di kabupaten memiliki prioritas tersendiri.

Selain itu, Edy berpesan kepada keduanya agar bekerja sesuai dengan aturan. “Jangan memperkaya orang lain, memperkaya diri sendiri dan menggunakan tanpa mempertanggungjawabkan kekayaan negara,” ujarnya.

Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga menyampaikan, akan bersinergi dengan semua pihak untuk mempercepat serapan anggaran.

“Setibanya saya di Labuhanbatu, saya akan kumpulkan semua OPD (Pemkab Labuhanbatu) untuk bagaimana mendongkrak anggaran, bagaimanapun empat bulan adalah waktu yang singkat, harapan saya OPD dan stakeholder bersinergi untuk membangun Labuhanbatu yang kita cintai,” kata Erik.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pangdam I/Bukit Barisan Hassanudin, Wakapolda Sumut Dadang Hartanto, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Fitriyus. (finta rahyuni)