Semakin Inovatif, Pemkab Langkat Luncurkan Spanduk dan Buk Sisi Layani Warga

Sekdakab Langkat, Indra Salahuddin
Sekdakab Langkat, Indra Salahuddin

LANGKAT, kaldera.id – Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Terintegrasi Kecamatan (Spanduk) dan Bursa Kerja Berbasis Informasi Komunikasi (Buk Sisi) merupakan inovasi dilakukan Pemkab Langkat dalam melayani masyarakat.

Spanduk merupakan aplikasi layanan yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Langkat. Sedangkan Buk Sisi merupakan inovasi dari Dinas Tenaga Kerja. Keduanya digagas sesuai instruksi Bupati Langkat, Terbit Rencana PA.

“Spanduk untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi kependudukannya,” sebut Sekdakab Langkat, Indra Salahuddin mewakili Bupati Langkat menghadiri launching Spanduk di LCC Kantor Bupati Langkat, Rabu (22/9/2021).

Kadis Dukcapil, Faizal Rizal Matondang mengungkapkan, dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu mengantarkan berkasnya ke Kantor Disdukcapil. Cukup ke kecamatan. Selanjutnya operator di Kantor Camat tersebut yang mengirimkan berkas atau dokumen tersebut melalui email ke operator di Disdukcapil

Berkas tersebut, akan dikirim melalui email oleh operator, dan dibalas kembali melalui email oleh operator Disdukcapil. “Spanduk sangat mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan,” terangnya.

Terkait Buk Sisi, Indra menjelaskan , aplikasi ini memberikan informasi lowongan pekerjaan yang valid guna menyerap tenaga kerja di Langkat. “Jadi Buk Sisi ini memudahkan masyarakat mengakses informasi lowongan kerja atau pasar kerja,” urainya.

BACA JUGA :  Masyarakat Sei Bingai Antusias Ikuti Vaksin, Sribana Ucapkan Terima Kasih

Ditambah Kadis Naker Langkat, Rajanami Y.S, Buk Sisi sebuah sistem mekanisme sarana atau media informasi antara pemberi kerja (perusahaan) kepada para pencari kerja.

Dengan terbukanya informasi pasar kerja, diharapkan memberikan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja di Langkat.

“Tujuan serta manfaat dari Buk Sisi ini untuk memberikan informasi dan menyediakan data ketenagakerjaan yang valid dan akuntabel kepada pencari lowongan pekerjaan,” jelasnya.

Sebelumnya, Indra didampingi sejumlah kepala perangkat daerah diantaranya, Kadis Kominfo, Syahmadi, Kakan Kemenag, Zulfan Efendi, dan lainnya meninjau pelaksanaan MTQ ke 54 yang dilaksanakan di Dinas PUPR dan Kantor Kemenag Langkat.

Dikesempatan itu, sekda berpesan kepada semuanya untuk senantiasa memelihara kebersihan dan kesehatan serta menerapkan prokes Covid-19 secara ketat. Momentum ini juga diharapkan dapat menularkan perbaikan akhlak dan ketaqwaan kepada masyarakat, sesuai visi misi Bupati Langkat mewujudkan Langkat yang religius.(ali)