Tim FAJI Sumut Tarung di Kejurnas: Petakan Kekuatan PON 2024 dan Kejuaraan Dunia

Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Utara melepas atletnya ke Kejurnas Arung Jeram R4 di Lampung. Kejuaraan ini juga menjadi sarana FAJI Sumut memetakan kekuatan atlet menghadapi PON 2024.
Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Utara melepas atletnya ke Kejurnas Arung Jeram R4 di Lampung. Kejuaraan ini juga menjadi sarana FAJI Sumut memetakan kekuatan atlet menghadapi PON 2024.

MEDAN, kaldera.id – Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Utara melepas atletnya ke Kejurnas Arung Jeram R4 di Lampung. Kejuaraan ini juga menjadi sarana FAJI Sumut memetakan kekuatan atlet menghadapi PON 2024.

FAJI Sumut juga mengincar nomor di Kejuaraan Dunia di Bosnia Herzegovina pada 2022 lewat kejurnas ini.

Ketua Umum Pengprov FAJI Sumut, Ir H Soekirman, mengatakan tim arung jeram Sumut merupakan peringkat 4 nasional. Artinya, FAJI Sumut merupakan tim yang diperhitungkan secara nasional.

“Saya minta tetap menjadi duta olahraga arung jeram Sumut yang bermartabat menjunjung nilai sportifitas dan jaga tetap menjaga kesehatan,” kata Soekirman di Kantor Pengprov FAJI Sumut, Rabu (2/12/2021).

Dia berharap atlet FAJI Sumut terus berjuang mengharumkan nama Sumut, dengan menjaga martabat Sumut dan memperoleh prestasi cabang olahraga arung jeram di tingkat nasional ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh ketua umum dan seluruh pengurus KONI Sumut sehingga dapat memberangkatkan tim ke Kejurnas R4 Lampung 2021. Ini juga merupakan salah satu langkah dari FAJI Sumut dalam pemetaan kekuatan arung jeram secara nasional untuk menghadapi PON 2024 Sumut Aceh,” tegas Soekirman.

Kejurnas PB FAJI R4 Way Besai Kab Way Kanan, Lampung dilaksanakan pada 5 Desember – 10 Desember 2021 yang diikuti oleh 17 Pengprov FAJI Se Indonesia dengan 56 tim pada kelas Youth Man/Women, Junior Man/Women, Open Man/Women, dan Master Man/Women.

Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara, Dimas Tri Aji yang hadir dalam pelepasan atlet itu, menambahkan, saat ini Pemprov dan DPRD Sumut tengah menggodok regulasi tentang kesejahteraan atlet berprestasi Sumut. Sehingga pada akhirnya bisa mengakomodir atlet-atlet maupun orang yang memiliki prestasi di bidang olahraga yang mengharumkan dan membanggakan Sumut.

“Saya mendoakan juga tim arung jeram Sumut dapat memberikan prestasi dan tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan di kejurnas,” bebernya.

Dasar penetapan tim

Sekretaris Pengprov FAJI Sumut, Elwin Reza Pahlevi menambahkan, adapun dasar penetapan tim ini adalah, hasil Kejurnas Progo 2018, Sumut di peringkat 4 nasional. Kemudian, hasil kejuaraan daerah 2019 dan hasil evaluasi tim talent scouting Pengprov FAJI Sumut.

“Selain untuk PON 2024, hasil Kejurnas R4 ini juga sebagai seleksi tim arung jeram Indonesia untuk menghadapi World Rafting Championship (WRC) IRF 2022 yang akan digelar di Vrbas River, Banjaluka Bosnia Herzegovina di akhir Juni 2022,” pungkas Elwin.(reza sahab)

Tim FAJI mewakili Sumut

Adapun tim FAJI Sumut di Kejurnas R4 Way Besai Lampung 2021 mewakili Provinsi Sumut yakni:

1. Kelas Youth Man: asal Pengcab FAJI Kab Langkat berjumlah 5 atlet didampingi pelatih Zepta Wahyudi dan Ketua official, Dedy Irwan.

2. Kelas Open Man: asal Pengcab FAJI Serdang Bedagai, berjumlah 5 atlet, pelatih Repoli Manurung dan Ketua official, Budiman Purba

3. Kelas Open Woman: asal Pengcab FAJI Serdang Bedagai, berjumlah 5 atlet, pelatih Rina Damayanti dan Ketua official, Dewi Yanti Purba

4. Tim Wasit dan Juri Kejurnas, berjumlah 5 dipimpin Rikardo Situmorang.