Awas, Lini Belakang Jangan Lengah

Laga Final Piala AFF 2020 leg pertama antara Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand akan tersaji di Singapore Internasional Stadium, Rabu (29/12/2021).
Laga Final Piala AFF 2020 leg pertama antara Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand akan tersaji di Singapore Internasional Stadium, Rabu (29/12/2021).

MEDAN, kaldera.id – Laga Final Piala AFF 2020 leg pertama antara Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand akan tersaji di Singapore Internasional Stadium, Rabu (29/12/2021).

Ada sejumlah catatan perbaikan atau evaluasi yang harus dilakukan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebelum laga leg pertama digelar dalam hitungan beberapa jam kedepan.

Selain mental bertanding pemain, perbaikan dilakukan adalah lini pertahanan. Kebobolan 9 gol sepanjang turnamen ini menjadi catatan serius sang arsitek. Hal ini diperkuat dengan hasil laga terakhir melawan Singapura di partai semifinal.

Gol lawan tercipta, baik di leg pertama maupun kedua adalah kesalahan pemain belakang dalam mengantisipasi serangan. Terlebih di leg kedua. Dua gol tercipta plus pinalti yang gagal di eksekusi akibat pemain bertahan terlambat menutup pergerakan lawan.

Di laga final ini nanti hal tersebut tidak boleh terulang. Kesalahan sedikit berakibat fatal. Mengingat, tim berjuluk Gajah Putih itu punya striker lincah, Teerasil Dangda. Pemain ini sudah mengemas empat gol sepanjang turnamen.

Pergerakannya semakin berbahaya karena dibantu sang playmaker Chanathip Songkrasin. Bila pergerakan kedua pemain dibiarkan leluasa memainkan bola, buka tidak mungkin gawang Argawinata kerap terancam.

Untuk itu, Shin Tae-yong harus memberikan instruksi khusus kepada Aryanto cs untuk meredam pergerakan lini depan dengan lini tengah lawan. Dengan begitu Witan Sulaiman dkk bisa membangun serangan untuk menciptakan gol. (reza)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!