Kagum Dengan Medan, Bireuen Belajar Kembangkan UMKM

Ketua Tim PKK Kabupaten Bireuen, Nurjanah Ali
Ketua Tim PKK Kabupaten Bireuen, Nurjanah Ali

MEDAN, kaldera.id – Ketua Tim PKK Kabupaten Bireuen, Nurjanah Ali melakukan studi banding ke Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Kamis (13/1/2022).

Dia berharap apa yang didapat dari kegiatan ini diterapkan di kabupatennya. Rombongan tersebut diterima Kadis Koperasi dan UMKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution. Nurjanah juga sempat membeli beberapa makanan dan pakaian produk pelaku UMKM.

Benny Iskandar memaparkan, kondisi umum UMKM Kota Medan serta program prioritas Walikota Medan, Bobby Afif Nasution dalam pembinaan dan pengembangan UMKM Kota Medan.

“Tahun 2022 adalah tahun pengembangan UMKM secara nasional. Ini masuk dalam program prioritas Pak Walikota Medan,” kata Benny.

Dalam pemaparannya, Benny menjelaskan program kegiatan yang telah dilakukan pihaknya dalam mendukung UMKM naik kelas sebagaimana visi misi Walikota Medan.

Seperti, digitalisasi data UMKM Kota Medan melalui aplikasi sistem pendataan koperasi dan UMKM.
Kemudian, program satu kecamatan satu sentra UMKM (Sakasanwira) berdasarkan produk unggulan pada masing-masing kecamatan.
Lalu memfasilitasi penerbitan akta pendirian koperasi rumah ibadah.

“Walikota juga telah memperluas pasar bagi produk pelaku UMKM melalui pelibatan dalam pengadaan/e-katalog lokal makan dan minum,” tambahnya.

Menanggapi pemaparan Benny, Nurjannah Ali pun mengaku kagum terhadap langkah yang dilakukan oleh Walikota Medan dalam rangka pembinaan dan pengembangan UMKM.

“Kami akan berusaha mencontoh apa yang telah dilakukan Pak Wali dalam membantu UMKM. Insya Allah kami akan terapkan di Kabupaten Bireun. Terimakasih atas ilmu yang telah disampaikan kepada kami,” kata Nurjannah Ali.(reza)