Terkendala Persoalan Internal, Revitalisasi Istana Maimoon Tertunda

Sultan Deli sedang berbincang dengan Walikota Medan, Bobby Nasution ketika keduanya bertemu di Rumah Dinas Walikota Medan, Sabtu malam (22/1/2022). Pertemuan keduanya terkait terkendalanya revitalisasi Istana Maimoon akibat persoalan internal. Foto:IST
Sultan Deli sedang berbincang dengan Walikota Medan, Bobby Nasution ketika keduanya bertemu di Rumah Dinas Walikota Medan, Sabtu malam (22/1/2022). Pertemuan keduanya terkait terkendalanya revitalisasi Istana Maimoon akibat persoalan internal. Foto:IST

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Nasution dan Sultan Deli Tuanku T Mahmud Lamantijiji duduk bersama terkait revitalisasi Istana Maimoon di Rumah Dinas Walikota Medan, Sabtu malam (22/1/2022). Hal ini dilakukan karena kegiatan tersebut menemukan kendala internal.

Saat ini Pemko Medan, Pemprov, Kementrian PUPR yang telah diatensi Presiden Jokowi ingin merevitalisasi salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Medan tersebut. Namun, terkendala pihak internal.

Dalam pertemuan tersebut, Sultan Deli akan segera menyelesaikan persoalan tersebut secara persuasif. Apabila nantinya tidak juga menemukan penyelesaian, maka dirinya akan melakukan upaya khusus.

“Saya juga meminta agar dibentuk tim untuk menangani persoalan Istana Maimoon beserta aset-aset yang dimiliki,” tegas Sultan Deli.

Dirinya sendiri sangat mengapresiasi keinginan pemerintah dalam melakukan revitalisasi salah satu bangunan bersejarah di Kota Medan itu.

Bobby Nasution sendiri mengungkapkan, Pemko Medan bersama Pemprovsu dan Kementerian PUPR sebenarnya sudah memiliki kajian untuk merevitalisasi Istana Maimoon.

Berhubung adanya persoalan internal tersebut, sehingga revitalisasi belum dilakukan. Oleh karenanya dia sepakat untuk menyelesaikan persoalan internal terlebih dahulu.

“Kita berharap persoalan internal diselesaikan secepatnya. Sebab, 2023 kemungkinan pekerjaan revitalisasi Kota Lama Kesawan sudah selesai dan kita masuk tahap kedua yang dimulai dari Jalan Pemuda sampai Jalan Masjid berikut Istana Maimun,” kata Bobby.

Dia juga mengungkapkan anggaran revitalisasi Istana Maimoon sejak 2019 sudah tersedia di Kementerian PUPR. Namun, harus menjadi silpa karena tidak sepakatnya orang-orang yang ada di dalam istana tersebut.

Terkait itu, Bobby Nasution menyatakan siap membantu upaya-upaya apa pun yang diminta Sultan Deli nantinya. Dirinya percaya dan yakin Sultan Deli mampu menyelesaikan persoalan internal yang ada di dalam istana.

“Pemko Medan bisa masuk untuk melakukan perbaikan ketika seluruh permasalahan sudah selesai dengan seluruh ahli waris Istana Maimoon,” tambahnya.(ali)