Walikota Kukuhkan PW Unit Pemko Medan, Tahun Ini UKW Digelar Kembali

Pemko Medan akan kembali melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan yang bertugas di Pemko Medan tahun ini.
Pemko Medan akan kembali melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan yang bertugas di Pemko Medan tahun ini.

MEDAN , kaldera.id – Pemko Medan akan kembali melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan yang bertugas di Pemko Medan tahun ini.

Hal ini disampaikan langsung Walikota Medan, Bobby Afif Nasution ketika memberikan sambutan saat pengukuhan pengurus Persatuan Wartawan (PW) Unit Pemko Medan periode 2021-2023 di Hotel Le Polonia Medan, Senin (24/1/2022).

“Mudah-mudahan keinginan atau masukan dari ketua terpilih agar Pemko Medan menggelar UKW bisa terlaksana tahun ini. Sehingga wartawan lebih berkualitas,” tegas Bobby.

Menurut Bobby, wartawan merupakan ujung tombak pemerintah, khususnya Kota Medan dalam menyampaikan program atau kegiatan kepada masyarakat.

Dengan pengukuhan ini, katanya, pengurus baru diharapkan bisa mengurus seluruh wartawan yang bertugas di Pemko Medan. Apa yang selama ini dikeluhkan atau belum tercapai itu yang diakomodir. “Salah satu contohnya seperti disampaikan ketua terpilih tadi agar dilakukan UKW,” sebutnya.

Tugas atau perjuangan wartawan, katanya, sangat berat. Apalagi dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19 hingga akhirnya terbiasa. “Ke depan, pengurus harus memiliki panduan yang jelas dan baik dalam bekerja serta target menjadi lebih berguna, baik bagi sesama maupun masyarakat Kota Medan,” tutupnya.

Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan yang baru dikukuhkan, Syaifullah Defaza menegaskan, pihaknya siap berkolaborasi mewujudkan visi misi Walikota Medan.

Untuk itu, dia minta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) tidak alergi terhadap wartawan atau insan pers. “Mohon buka pintu komunikasi untuk kami. Libatkan kami menyosialisasikan program kerja kepada masyarakat. Jangan alergi. Kritik itu ibarat digigit nyamuk. kalaupun digigit hanya menimbulkan gatal, tidak sampai jadi penyakit,” tegasnya.

BACA JUGA :  Ditargetkan Sebelum 2024 Program UHC di Medan Terlaksana

Dia juga menyampaikan, kepengurusan akan dilengkapi anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART). Dengan demikian, memiliki landasan untuk bekerja.

Sedangkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Farianda Putra Sinik berharap wartawan bisa menjadi ‘mata telinga’ bagi Walikota Medan.

“Sampaikan kinerja pemko ke masyarakat dan sampaikan pula keluhan masyarakat ke pemko,” sebutnya.

Adapun susunan kepengurusan terdiri dari Dewan Pembina Walikota Medan dengan anggota wakil walikota, sekda, kadis kominfo dan kabag prokopim.

Penasihat Ketua dipimpin Rifki Warisan dibantu Satriadi, Indra Gunawan, ME Ginting, Zul Taufik Nasution dan Roni Neliati.

Ketua Syaifullah Defaza, Sekretaris Reza Shahab dan Bendahara Zainul Abdi Nasution.

Wakil Ketua Susilo, Pangihutan Sirumape dan Hendra Irawan. Wakil Sekretaris Ali Afrizal Chaniago, Dicky Sihotang, Ramli Sarumaha. Wakil Bendahara Ansari, M Said dan Paulina Marpaung.

Bidang Humas dan Soal terdiri dari Ketua M Syaiful dibantu Ariansyah Lubis, Herizal, Adik Siswoyo Wasgo, Adlansyah Nasution, Handoko Aruan dan Hasrat Muslim Sembiring.

Bidang Penyusunan Program Kerja, Ketua Ashari Amanda Lubis dibantu Bambang Sri Kurniawan, Dicky Irawan, M Rizky, Irwan Manalu, Siti Nurjanah, Agus Damanik dan Reza Wibowo.(ali)