Angka Kasus Covid-19 Meningkat, Perhari Capai 23 Kasus

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman menegaskan, sejak 3 hari ke belakang kasus penyebaran Covid-19 kembali meningkat di Kota Medan. Saat ini kasus baru bertambah 23 kasus/hari. Sebelumnya hanya 16 kasus/hari
Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman menegaskan, sejak 3 hari ke belakang kasus penyebaran Covid-19 kembali meningkat di Kota Medan. Saat ini kasus baru bertambah 23 kasus/hari. Sebelumnya hanya 16 kasus/hari

MEDAN, kaldera.id – Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman menegaskan, sejak 3 hari ke belakang kasus penyebaran Covid-19 kembali meningkat di Kota Medan. Saat ini kasus baru bertambah 23 kasus/hari. Sebelumnya hanya 16 kasus/hari.

Menurutnya, pertambahan ini disebabkan jumlah kasus meningkat ditingkat nasional.

“Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 tidak menyebar, maka kembali diaktifkan Satgas Covid-19 di wilayah. Bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas,” jelas Wiriya di Balai Kota Medan, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu, Walikota Medan, Bobby Nasution menegaskan, selain mengaktifkan kembali Satgas Covid-19 di kecamatan, kembali dilakukan PPKM mikro dengan memperhatikan jam operasional dan jumlah kapasitas suatu tempat.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi awal agar tidak terjadi lonjakan kasus penyebaran Covid-19 seperti yang pernah terjadi di Kota Medan beberapa waktu lalu.

“Wilayah harus paham titik-titik mana saja yang menjadi potensi penyebaran Covid-19 sehingga perlu diantisipasi dengan baik. Tempat-tempat ramai harus diantisipasi mulai sekarang. Mulai hari ini, jam operasional harus benar ditegakkan. Tim Satgas kecamatan dan kota bersama-sama keliling untuk memantau jam operasional tempat-tempat keramaian,” tegasnya.

Selanjutnya bilang Bobby, jika ada perkantoran yang penyebaran Covid-19 tinggi, diminta untuk menghentikan sementara operasionalnya kalau yang tidak kritikal. Persentase work from office (WFO) harus tetap dipantau. “Saat ini hanya boleh 75 persen yang boleh WFO. Saya minta agar betul-betul diperhatikan jadwalnya,” tegasnya.

Kepada Dinas Kesehatan Kota Medan, Bobby minta agar mengingatkan rumah sakit yang ada di Kota Medan tetap menyiapkan tempat tidur untuk pasien Covid-19 mengantisipasi kemungkinan kasus Covid-19 meningkat. Selain itu memastikan ketersediaan obat-obatan dan tabung oksigen. (zainul)