Komitmen Benahi PSMS, Stadion Teladan dan Kebun Bunga Bakal Direnovasi Total

Sebagai wujud komitmen membenahi dan memajukan PSMS Medan, Walikota Medan, Bobby Nasution akan merenovasi total Stadion Teladan.
Sebagai wujud komitmen membenahi dan memajukan PSMS Medan, Walikota Medan, Bobby Nasution akan merenovasi total Stadion Teladan.

MEDAN, kaldera.id – Sebagai wujud komitmen membenahi dan memajukan PSMS Medan, Walikota Medan, Bobby Nasution akan merenovasi total Stadion Teladan.

Tidak hanya lapangan, renovasi juga dilakukan terhadap sarana pendukung lainnya seperti, tempat parkir. Renovasi dilakukan secara bertahap dikarenakan anggaran yang dibutuhkan cukup besar.

Bobby Nasution sadar betapa pentingnya sarana prasarana representatif dalam sebuah klub sepakbola. Sebab, saling berkaitan satu sama lain. Contohnya stadion, dalam hal ini Stadion Teladan. Masyarakat Indonesia, khususnya pencinta sepak bola sangat paham hubungan stadion ini dengan PSMS sangat erat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Pulungan Harahap menegaskan, sejak diserahkan pengelolaanya dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan 2021 lalu kepada mereka, renovaai sudah dilakukan menggunakan dana APBD Kota Medan.

Hanya saja renovasi dilakukan masih sebagian kecil seperti, penambahan tempat duduk dan ruang pemain. Renovasi besar – besaran akan dilakukan di 2022 ini.

“Di 2022 ini akan dilakukan renovasi total. DED yang lama untuk renovasi Stadion Teladan tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan seperti, parkir yang masih di luar stadion. Pak Walikota berkeinginan parkir seharusnya di bawah tanah seperti, rencana di Lapangan Merdeka,” jelasnya.

Pulungan menambahkan, renovasi ini membutuhkan anggaran sekitar Rp400 miliar. Namun, penganggaran akan dilakukan secara bertahap atau setiap tahun sampai tuntas. “Pos anggarannya di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR).

“Sebelum DED dibuat sesuai arahan Pak Wali dibuat sayembara untuk masyarakat terlebih dahulu. Jadi, masyarakat ikut andil dalam menentukan desain stadion itu nantinya. Seperti apa stadion kebanggaan itu diinginkan masyarakat,” tambahnya.

Desain yang menang dalam sayembara tersebut akan menjadi dasar Dinas PKPPR untuk merevitalisasi Stadion Teladan. “Sayembara ini akan dilakukan di triwulan pertama,” ucapnya.

Untuk tahap awal renovasi dilakukan di triwulan ketiga. Dimana, triwulan pertama akan dilakukan sayembara. Kemudian kajian DED. Setelah itu dilakukan renovasi. “Tahap awal renovasi Stadion Teladan ditargetkan akan dilakukan di triwulan ketiga,” ungkapnya.

Selain Stadion Teladan, pihaknya juga akan merenovasi Stadion Kebun Bunga yang menjadi tempat latihan PSMS.

“Stadion Kebun Bunga juga akan direnovasi. Pembentukan DED juga akan melibatkan masyarakat langsung melalui sayembara. Perbaikan lapangan sepak bola di kecamatan juga akan dibenahi. Tujuannya, kegiatan olahraga di lapangan lebih giat dan melahirkan bibit pemain untuk PSMS,” pungkasnya.(reza)