Kecamatan Medan Belawan Raih Prestasi Ganda Perhelatan MTQN Ke-55

Walikota Medan, Bobby Nasution berfoto bersama salah satu pemenang MTQN Kota Medan ke-55, Jumat (25/2/2022). Foto:IST
Walikota Medan, Bobby Nasution berfoto bersama salah satu pemenang MTQN Kota Medan ke-55, Jumat (25/2/2022). Foto:IST

MEDAN, kaldera.id – Tuan Rumah Kecamatan Medan Belawan meraih sukses ganda dalam perhelatan MTQN ke55 tingkat Kota Medan. Kesuksesan pertama diraih karena dianggap berhasil menggelar kegiatan ini selama seminggu.

Kesuksesan kedua karena meraih juara umum dalam perhelatan kegiatan ini. Raihan ini dikarenakan para kafilahnya meraih nilai terbaik. Pencapaian ini juga memutuskan dominasi Kecamatan Medan Denai, Medan Timur dan Area yang selalu tampil sebagai juara umum.

Dengan perolehan nilai 117, Kecamatan Medan Belawan berhak atas Piala Bergilir Walikota Medan.
Piala bergilir tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Medan Bobby Nasution kepada Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap sekaligus menutup perhelatan MTQ ke 55 ini yang digelar di Gedung OB Sya’af Lantamal I Belawan, Jumat (25/2/2022).

Penutupan MTQ ini ditandai pula dengan penyerahan pataka MTQ kepada kepada Camat Medan Baru sebagai tuan rumah MTQ ke 56 tingkat Kota Medan 2023 mendatang.

Bobby Nasution dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada para pemenang MTQ ke-55 tingkat Kota Medan tahun ini.

Memberikan fasilitas pendidikan bagi pemenang

Pemko Medan tidak hanya memberikan tropi dan hadiah saja kepada para pemenang, tapi juga memberikan fasilitas dan kemudahan bagi pemenang untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik itu USU, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), dan Universitas Panca Budi ataupun dapat bergabung menjadi prajurit TNI AD.

“Kita berharap adik-adik kita yang menjadi pemenang dapat memanfaatkan fasilitas yang kami berikan ini apakah itu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ataupun menjadi prajurit TNI AD,” ungkap Bobby.

Dia juga berharap pemenang mendapatkan kebaikan tidak hanya untuk diri pribadi melainkan juga untuk masyarakat dengan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an didalam kehidupan sehari-hari.

Pemenang dari setiap cabang yang diperlombakan akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan dengan rincian juara 1 mendapat Rp5 juta, juara 2 mendapat Rp4 juta, juara 3 mendapat Rp3 juta. Selanjutnya juara harapan 1 mendapat Rp2.5 juta, harapan 2 mendapat Rp2 juta dan harapan 3 mendapat Rp1.5 juta.

Khusus juara satu cabang Mujawwad dewasa putra/putri, juara 1 Tahfiz 30 juz putra/putri dan juara 1 Tafsir Bahasa Arab putra/putri mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp25 juta. (reza)