Gubsu Buka MTQ ke 38 Provsu: Penulisan Mushaf Sumut Mulai Dikerjakan

Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Wagubsu Musa Rajekshah menyerahkan Piala Bergilir MTQ Provsu pada Ketum Panitia MTQ ke 38 Provsu, Prof Syahrin Harahap (kanan)
Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Wagubsu Musa Rajekshah menyerahkan Piala Bergilir MTQ Provsu pada Ketum Panitia MTQ ke 38 Provsu, Prof Syahrin Harahap (kanan)

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022, Senin (21/3/2022).

Hadir dalam pembukaan Wakil Gubsu H Musa Rajekshah, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sumut Idianto, bupati/walikota se Sumatera Utara, pimpinan PTKI Swasta, Tuan Guru Babussalam Dr Zikmal Fuad, Ketua LPTQ Asren Nasution dan Ketua Dewan Hakim MTQ Prof Said Aqil Husein Al Munawwar.

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan, MTQ Provinsi Sumut sudah memasuki tahun ke 38 penyelenggaraan. Ini menunjukkan bahwa usia MTQ hampir separuh dari usia Provinsi Sumatera Utara.

“Kegiatan ini bersangkutan dengan akhlak, makanya harus didukung penuh. Dengan kandungan Alquran jika kita amalkan benar,
harusnya tidak lagi ada orang zhalim, hanya sebagian kecil saja. Itu diajarkan Rasulullah SAW, Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” kata Edy.

Hari ini dibuka MTQ, harus diakui ada nafsu bertanding yang terlalu tinggi. Edy pun mengingatkan Dewan Hakim MTQ untuk bertugas sebaik-baiknya. “Saya yakin, tuan guru saya para dewan hakim lebih paham dari saya. Dengan ini, MTQ ke 38 Tingkat Provinsi Sumut saya buka,” tukasnya.

Ketua Panitia MTQ ke 38 Provinsi Sumut, Prof Dr Syahrin Harahap, mengatakan panitia bersama LPTQ dan seluruh pemangku kepentingan berupaya semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan ini.

Dia mengatakan, ada berbagai perlombaan yang akan digelar hingga 28 Maret 2022. Termasuk juga pameran dan seminar Al Quran. “Tema MTQ ini dengan kita raih prestasi menuju Sumatera Utara bermartabat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, juga akan dibuat Mushaf Sumatera Utara. Penulisan pertama dilakukan oleh Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah. “InsyaAllah penulisan Mushaf Sumut akan diselesaikan dalam tahun ini,” pungkas Syahrin.(reza)