Dewan Dukung Kebijakan Bobby Gunakan Produk UMKM Lokal

Rudiawan Sitorus
Rudiawan Sitorus

MEDAN, kaldera.id – Anggota DPRD Kota Medan, Rudiawan Sitorus mendukung kebijakan Walikota Medan, Bobby Afif Nasution terkait ASN di lingkungan Pemkot Medan mengenakan sepatu produk UMKM lokal.

Menurutnya, penerapan produk lokal harus dimulai dari lingkungan pemerintah sendiri. Setelah itu baru masyarakat dihimbau. Apalagi produk yang dikenakan sehari -hari.

“Kami juga telah mengusulkan seperti bidang kuliner dan berbagai kebutuhan OPD-OPD di lingkungan Pemko Medan agar mendahulukan memakai produk UMKM lokal,” ungkap Politisi PKS ini, Rabu (24/3/2022).

Dengan situasi seperti ini, para pelaku UMKM lokal memiliki kebanggaan tersendiri dan menumbuhkan rasa percaya diri, bahwa barang-barang yang mereka produksi layak digunakan oleh pemerintah daerah.

Data terakhir Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan menyebutkan, bahwa jumlah UMKM yang dibina Pemko Medan sekitar 27.000 unit dari total 70.000 unit terdata.

“UMKM kita ini tak akan maju dan berkembang, kalau kita sendiri tidak percaya diri memakai barang-barang yang diproduksi UMKM kita,” terang dia.

Untuk diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengambil kebijakan bahwa produk sepatu pelaku UMKM di Kelurahan Binjai, Medan Denai, Ahad (13/3), akan dibeli ASN maupun OPD di lingkungan Pemkot Medan.

“Selama ini banyak pelaku UMKM kita, merasa sendirian. Tak ditopang, tak didukung, dan kebijakan ini kita sambut positif. Kalau bukan kita membelinya, menghargainya, lalu siapa lagi,” pungkas Rudiawan. (reza)