HUT Ke-76, TNI AU Bakorda Medan Gelar Aksi Sosial dan Sinergitas

Marsekal Pertama TNI, Mohammad Nurdin (tengah) didampingi Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Komandan Wing III Kopasgat Kolonel Pas Deni Ramdani
Marsekal Pertama TNI, Mohammad Nurdin (tengah) didampingi Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Komandan Wing III Kopasgat Kolonel Pas Deni Ramdani

MEDAN, kaldera.id – Dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Udara ke-76 Tahun 2022 BAKORDA TNI AU Medan mengadakan rangkaian kegiatan antara lain bakti sosial, donor darah, vaksinasi, pemberian sembako, bersih-bersih rumah ibadah dan situs bersejarah serta perlombaan mewarnai, Gowes Gembira dan menembak pistol executive di wilayah Medan.

Dalam kesempatan ini diungkapkan oleh Komandan Komando Sektor (Kosek) I Koopsud I, Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin saat di sela-sela acara perlombaan menembak pistol executive, Jumat (1/4/2022) di Lapangan Tembak Pancawara Batalyon Komando 469 Kopasgat.

“HUT TNI AU ini, kami melaksanakan 3 program besar, seperti bakti sosial seperti donor darah, vaksin dan bersih-bersih sebayak 76 rumah ibadah dan situs sejarah yang ada di Kota Medan,” jelas Marsekal Pertama TNI, Mohammad Nurdin didampingi Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Komandan Wing III Kopasgat Kolonel Pas Deni Ramdani.

Marsekal Pertama TNI, Mohammad Nurdin juga menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan yang diadakan sebagai silaturahmi dan sekaligus membina minat dan potensi dirgantara. Jadi ada acara perlombaan melukis dan mewarnai untuk anak-anak tingkat TK, SD dan SMP kemudian ada lomba menembak dilaksankan secara eksekutiv dengan mengundang instasi TNI, Polri dan Pemerintah provinsi/Kabupaten di wilayah kawasan Sumatera Utara atau Kota Medan sebagai simbol sinergitas dan silaturahmi.

“Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan yang dilaksanakan tanggal 8 April kemudian di tanggal 9 April yaitu puncak peringatan dan tepat hari lahirnya TNI Angkatan Udara yang akan dilaksanakan berupa upacara yang tepat pada tanggal 9 April di Avron Lanud Soewondo,” ungkap Marsekal Pertama TNI, Mohammad Nurdin dengan disaksikan Ketua Panitia Lomba Tembak Pistol Executive, Mayor Sus Hendra R Nasution, S.T.

Sedangkan lomba menembak pistol antar TNI dan Polri Jumat (1/4/2022) di Lapangan Tembak Pancawara Batalyon Komando 469 Kopasgat yang dihadiri Pangdam I/BB, Mayjen TNI A. Daniel Chardin, SE., M.Si. dan jajarannya serta Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak bersama jajarannya.

Lomba menembak dibagi menjadi 14 tim

Dalam lomba menembak ini dibagi menjadi 14 tim yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Kepolisian Sumatera Utara dimana dalam setiap timnya tediri dari 3 penembak. Dan setiap penembak menggunakan 3 butir peluru sebagai percobaan dan 10 butir peluru sebagai penilaian.

Sehingga pemenang Lomba Tembak Pistol Executive dimenangkan oleh Tim 11 terdiri dari Asintel Kodam I/BB, Asops Lantamal I dan Asintel Lantamal I, untuk pemenang ke dua dari Tim 6, terdiri dari Wakapolda Sumut, Kadislog Lanud Soewondo dan Kasiops Wing III sedangkan untuk pemenang ke tiga diperoleh tim 14 terdiri dari Kapendam Kodam I/BB, Danyonmarhanlan dan Kadispers Lanud Soewondo.(efri/red)