Medan Bakal Jadi Role Model Pengelolaan Zakat

Walikota Medan, Bobby Nasution saat menerima kunjungan pengurus Baznas pusat
Walikota Medan, Bobby Nasution saat menerima kunjungan pengurus Baznas pusat

MEDAN, kaldera.id – Pengurus pusat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menjadikan Medan sebagai role model pengelolaan zakat. Selain potensi zakat yang dimiliki cukup besar, pendekatan pengurusnya terhadap muzaki dan pemanfaatan dananya bisa dijadikan contoh.

Sejumlah program baznas sesuai dengan program yang tengah dijalankan Pemko Medan. Hal ini disampaikan Pembina Baznas Wilayah Sumut, Zainulbahar Noor, Direktur Perencanaan ZIS DSKL Nasional, Ahmad Hambali dan Kabag Pertimbangan dan Rekomendasi Area I, Putra Erianton saat bertemu Walikota Medan, Bobby Afif Nasution di Balai Kota Medan, Selasa (5/4/2022).

Dalam pertemuan itu, Zainulbahar menjelaskan, Baznas pusat memiliki sejumlah program seperti, tanggap bencana dan zmart yakni, pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung yang dimiliki mustahik. “Program ini akan kita gerakkan di Medan sehingga Kota Medan bisa menjadi role model,” jelasnya.

Kedatangan mereka juga untuk menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk calon-calon pimpinan Baznas Kota Medan. Dari 10 nama, jelasnya, panitia seleksi menetapkan 5 nama untuk menjadi pimpinan Baznas Kota Medan.

Sementara itu, Bobby Nasution mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung keinginan Baznas untuk menjadikan Kota Medan sebagai role model pengumpulan zakat dan penerapan program. Ia berharap agar Baznas dapat membantu masyarakat yang ditimpa kesulitan ekonomi maupun terkena bencana.

“Yang kami khawatirkan bukan pengumpulan zakatnya, tapi penyalurannya. Dikhawatirkan, penyaluran yang dilakukan kurang tepat.
Untuk itu dalam melakukan penyaluran zakat, kita berharap agar Baznas dapat berkoordinasi dengan Pemko Medan. Sehingga penyaluran zakat yang dilakukan tepat sasaran,” ungkapnya.(reza)