Ngabuburit Virtual IP UIN Sumut dan Konjen AS, Bahas Akses Perpustakaan Publik dan Studi Informasi di Amerika

Program Studi Ilmu Perpustakaan (IP) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut bekerjasama dengan Konjen Amerika Serikat Medan menggelar
Program Studi Ilmu Perpustakaan (IP) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut bekerjasama dengan Konjen Amerika Serikat Medan menggelar "Ngabuburit Virtual" dengan mendiskusikan perpustakaan publik dan studi informasi di Amerika Serikat, Kamis (7/4/2022).

MEDAN, kaldera.id – Program Studi Ilmu Perpustakaan (IP) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut bekerjasama dengan Konjen Amerika Serikat Medan menggelar “Ngabuburit Virtual” dengan mendiskusikan perpustakaan publik dan studi informasi di Amerika Serikat, Kamis (7/4/2022).

Hadir sebagai pembicara Alison McKee, Regional Engagement Public Specialist Kedubes AS, dan Irhamni Ali, mahasiswa Doktoral asal Indonesia di University North Texas, Amerika Serikat. Turut hadir secara virtual Dekan FIS UIN Sumut, Dr Maraimbang Daulay, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sumut Dr Abdul Karim Batu Bara dan 300 peserta diskusi virtual.

“Kami berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan positif ini. Diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa kami yang menggeluti studi perpustakaan dan informasi,” kata Maraimbang.

Dr Mhd Syahnan, yang mewakili Wakil Rektor 1 UIN Sumut, menyampaikan apresiasi pada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. “Terima kasih pada Konsulat Amerika Serikat, dan FIS UIN Sumut,” kata Syahnan.

UIN Sumut dan Konsulat Amerika Serikat berhubungan baik

Alumni Mc Gill University ini menambahkan, bahwa UIN Sumut dan Konsulat Amerika Serikat sudah lama berhubungan baik dengan adanya American Corner di Perpustakaan UIN Sumut pada tahun 2004.

“Sayangnya program kerjasama itu sudah berhenti, tapi dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan ke depan akan ada lagi kerjasama positif seperti ini apapun bentuknya antara Konsulat AS dengan UIN Sumut,” katanya.

Ia mengaku senang atmosfir seperti ini tercipta di lingkungan akademis, dan semoga hal ini dapat berlanjut ke depannya.

Jessica Chesbro, Wakil Konjen AS di Medan, dalam sambutannya Ngabuburit Virtual ini adalah yang pertama di Indonesia. Kata dia ada beberapa agenda serupa di sejumlah universitas di Indonesia. Kali ini mengambil tema “Public Library Access and Information Studies in The USA”.

“Saya sangat senang karena banyak partisipan yang mengikuti kegiatan ini. Terima kasih karena sudah join. Terima kasih juga kepada Alison dan Bang Irhamni Ali sudah mau berbagi informasi kepada kami. Harapan kami webinar kali ini bisa bermanfaat untuk adik-adik mahasiswa dan mudah-mudahan ini menjadi peluang untuk bisa melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat,” pungkasnya.(efri surbakti/red)