Serapan Anggaran Sejumlah OPD di Triwulan I Cukup Baik

Irwansyah
Irwansyah

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota Komisi III DPRD Medan gelar evaluasi kinerja OPD triwulan pertama TA 2022 dengan sejumlah OPD, Senin (18/4/2022).

OPD yang hadir dalam rapat dipimpin Anggota Komisi III, Irwansyah itu antara lain, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Medan, Dinas Kebudayaan dan Bagian Perlengkapan dan Layanan Pengaduan Setdako Medan. Rapat sendiri berlangsung di Ruang Rapat Komisi III DPRD Medan.

Irwansyah mengataka, berdasarkan rapat evaluasi dilakukan, dinilai cukup baik. Hal ini berdasarkan serapan anggaran sampai saat ini.

“Kami melihat BPKAD cukup baik, walaupun dari segi penerimaan PAD, segi persentasi kalau dibanding dengan 2021 triwulan I ada penurunan, tetapi dari segi nominal ada kenaikan. Ini tidak terlepas dari naiknya target PAD yang ditetapkan,” ungkap Irwansyah seperti dilansir dari medsos Sekretariat DPRD Medan.

Begitu juga untuk Dinas Kebudayaan Kota Medan. Capaian anggaran sampai triwulan pertama ini mencapai sekitar 97,48 persen atau kumulatif 20,11 persen. “Artinya serapan anggarannya cukup baik di masa pandemi,” tambahnya.

Irwansyah berharap, untuk triwulan II dan III semua program kerja masing-masing OPD dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

“Serapan anggaran yang bagus itu apabila target dipenerimaan PAD bisa diangka 95 persen. Serapan anggaran sendiri di angka 90 persen masing-masing OPD. Jadi, harapannya kalau nanti ada selisih persentase, sisa anggaran bisa digunakan di APBD 2023,” pungkasnya.(reza)