Hanya Dapat Rp1 Miliar Per Tahun, Dewan Menduga Terjadi Kebocoran PAD Dikelola PUD Pasar

Mulia Asri Rambe
Mulia Asri Rambe

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe meminta komitmen jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan dalam mendongkrak PAD mereka kelola.

Kedepan perolehan PAD yang mereka kelola harus meningkat significan. Selain itu, jajaran direksi juga diminta lebih inovatif dalam menggali potensi yang ada.

“Saya merasa prihatin mendengar PAD dari PUD Pasar Kota Medan di tahun 2021 lalu hanya sekitar Rp1 miliar lebih. Kuat dugaan terjadi kebocoran PAD di PUD Pasar,” ungkap Ketua Fraksi Golkar DPRD Medan,Mulia Asri Rambe kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Pria yang akrab disapa Bayek ini menilai, seharusnya perolehan PAD bisa mencapai Rp30 miliar perusahaan tahun dengan melihat potensi yang ada di 52 pasar tradisional mereka kelola.

“Potensi itu dari pembayaran retribusi/pajak parkir, kios, retribusi sampah dan lainnya,” katanya.

Untuk itu, Dirut PUD Pasar Kota Medan dan jajarannya agar dapat mendukung program Walikota Medan percepatan pembangunan di Kota Medan. Begitu gerak cepat walikota dalam membenahi Kota Medan. “Apalagi kondisi pasar yang selama ini terkesan kumuh dapat diperbaiki lebih baik,” kata Bayek.

Menurut Bayek, dalam upaya memaksimalkan PAD diharapkan memberdayakan potensi SDM di jajaran PUD Pasar. Sehingga, segala potensi yang ada di pasar supaya diberdayakan.(reza)