Seleksi Calon Paskibraka Sumut Luluskan 66 Orang, Bertugas pada 17 Agustus 2022

Kadispora Sumut Ardan Noor melepas tanda peserta seleksi calon Paskibraka Provinsi Sumut 2022, (25/6/2022). Sebanyak 66 pelajar SMA/SMK/MAN dinyatakan lulus dan diproyeksikan bertugas pada 17 Agustus 2022.
Kadispora Sumut Ardan Noor melepas tanda peserta seleksi calon Paskibraka Provinsi Sumut 2022, (25/6/2022). Sebanyak 66 pelajar SMA/SMK/MAN dinyatakan lulus dan diproyeksikan bertugas pada 17 Agustus 2022.

 

MEDAN – Proses seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 meluluskan 66 orang untuk mengisi formasi pasukan yang akan bertugas di upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke 77 Tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Proses seleksi sendiri berlangsung mulai 22 Juni 2022 hingga 25 Juni 2022. Calon Paskibraka Provinsi Sumut ini berasal dari pelajar SMA/MAN/SMK dari 25 kabupaten/kota di Sumut yang melaksanakan proses seleksi di daerah masing-masing.

“Saya optimis proses seleksi ini telah menghasilkan anak-anak muda yang ideal sebagai pasukan pengibar bendera di hadapan Forkopimda dan masyarakat Sumut. Tetap fokus untuk sukses dalam bertugas nantinya,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut, Ardan Noor, saat penutupan seleksi, Sabtu (25/6/2022).

Proses seleksi ini sendiri melibatkan Dispora Sumut, TNI/Polri, Tim Akademisi dari UIN Sumatera Utara dan Unimed, Tim Psikologi, dan unsur Kementerian Agama. Kegiatan ini juga diamati langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Bagi yang lulus saya ucapkan selamat dan harus serius dalam berlatih. Bagi yang belum, saya tegaskan harus tetap semangat untuk merebut peluang lainnya di masa depan. Kalian masih punya banyak kesempatan,” tukasnya.

Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Provinsi Sumut, Budi Syahputra, menambahkan pihaknya mengapresiasi seluruh kab/kota yang telah mengirimkan pelajarnya dalam seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sumut ini.

“Tim seleksi juga menjalankan kerja-kerja yang terukur untuk menghasilkan calon Paskibraka yang diharapkan bisa bertugas dengan baik dan membanggakan nama daerah masing-masing di tingkat provinsi. Kami juga mengucapkan selamat untuk orang tua para pelajar yang ikut seleksi ini. Terlepas lulus tidaknya, anak-anak mereka ini sudah sangat membanggakan orang tua,” tukas Budi.

Proses seleksi ini berlangsung selama empat hari

Sementara Ketua Panitia Seleksi Paskibraka, Raikhana Syahbi Siregar, menerangkan proses seleksi ini berlangsung selama empat hari dan diikuti 78 peserta dari kab/kota di Sumut. Para peserta melewati sejumlah tahapan seleksi seperti kesehatan, pemeriksaan kondisi mental dan fisik, kesamaptaan, ideologi Pancasila, psikologi, akademik hingga prestasi.

“Yang dinyatakan lulus seleksi adalah terbaik dari yang terbaik,” kata Raikhana.

Dia menambahkan para calon Paskibraka ini akan kembali dipanggil masuk pemusatan latihan pada 31 Juli 2022 untuk dipersiapkan bertugas pada 17 Agustus 2022. Informasi diperoleh wartawan, lokasi pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke 77 Tahun Republik Indonesia masih tentatif. Sebab, Lapangan Merdeka Medan yang biasa dijadikan lokasi upacara, saat ini sedang dilakukan proses revitalisasi.(efri/red)