Site icon Kaldera.id

Mahasiswa Doktoral Fisip USU Jabat Pangdam XVI/Pattimura

Mantan Kepala BIN Daerah Sumatera Utara, Mayjen TNI Ruruh Setyawibawa, mendapat amanah baru sebagai Pangdam XVI Pattimura.

Mantan Kepala BIN Daerah Sumatera Utara, Mayjen TNI Ruruh Setyawibawa, mendapat amanah baru sebagai Pangdam XVI Pattimura.

MEDAN,  kaldera.id – Mantan Kepala BIN Daerah Sumatera Utara, Mayjen TNI Ruruh Setyawibawa, mendapat amanah baru sebagai Pangdam XVI Pattimura.

Mahasiswa Doktoral Studi Pembangunan (DSP) Fisip USU Angkatan X ini menggantikan Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Panglima TNI Jendral Andika Prakasa menunjuk Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa sebagai Pangdam XVI Pattimura yang baru menggantikan Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Hal ini merupakan mutasi dan promosi jabatan Pangdam XVI Pattimura dalam enam bulan terakhir.

Pasalnya, Mayjen TNI Richard Tampubolon resmi menduduki jabatan Pangdam XVI Pattimura akhir Desember 2021 dan akhir Juni 2022 dimutasi lagi.

Mutasi dan promosi jabatan itu tertuang dalam surat keputusan bernomor Kep/558/VI/2022 yang ditandatangani dirinya dan Kepala SETUM TNI Brigjen Edy Rochmatullah tertanggal 27 Juni 2022.

Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam SK tersebut menyebutkan bahwa Pangdam XVI Pattimura saat ini Mayjen TNI Richard Tampubolon akan akan dipindah tugaskan ke Markas Besar Angkatan Darat sebagai Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad).

Untuk Jabatan yang ditinggalkanya akan diisi oleh Mayjen Ruruh A Setyawibawa yang saat ini menjabat sebagai menjabat Deputi V Bidang Intelijen Teknologi Badan Intelijen Negara (BIN).

Kapendam XVI Pattimura, Kolenel Adhi Prayogho saat di konfirmasi membenarkan pergantian tersebut.

“Betul jabatan Pangdam berganti,” ujarnya seperti dilansir TribunAmbon.com, Selasa (28/6/2022)

Untuk diketahui Mayjen Ruruh A Setyawibawa lahir di Jawa Tengah (5/10/1965) merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1988 dari kecabangan Artileri Kecabangan Udara.

Riwayat jabatan Mayjen Ruruh ini pernah menjadi Komandan Kodim 0101/Aceh Besar (2005—2007), Komandan Korem 012/Teuku Umar (2015—2016), Kabinda Aceh BIN (2016—2017).

Kemudian diangkat lagi menjadi Kabinda Sumatera Utara BIN (2017—2021)Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN (2021—2022), dan saat ini adalah Pangdam XVI/Pattimura.

Wakil Dekan 1 Fisip USU Husni Thamrin didampingi Komting Doktoral Studi Pembangunan (DSP) X, Faisal Eriza, mengatakan amat berbangga atas amanah dan mutasi rekan mereka tersebut.

“Semoga Pak Ruruh bisa menjalankan amanah dengan sebaik baiknya di Kodam XVI Pattimura,” kata Thamrin.

Dia juga menambahkan, sebagai rekan seperjuangan dalam studi, pihaknya berharap Ruruh tetap bisa menuntaskan studi bersama mereka. “Sesuai dengan komitmen bersama dapat juga menyelesaikan studi beliau secara bersama sama dengan yang lainnya. Sesuai dengan motto “DSP X Tangguh”. Tangguh itu akronim kami buat, tahan gak ngeluh,” tukas Faisal Eriza.(efri/red)

Exit mobile version