Reog dan Sigale gale Ramaikan Karnaval Budaya HUT Kota Medan

Dua orang muda mudi peserta karnaval budaya melintas di Jalan Ahmad Yani, Medan, Jumat (1/7/2022)
Dua orang muda mudi peserta karnaval budaya melintas di Jalan Ahmad Yani, Medan, Jumat (1/7/2022)

 

MEDAN, kaldera.id – Berbagai kesenian budaya dari berbagai daerah ditampilkan dalam Karnaval Budaya rangkaian HUT Kota Medan ke -432, Jumat (1/7/2022).

Mulai dari marching band, sigale gale, fashion carnaval, reog yang ditampilkan peserta Apeksi terlihat di sepanjang Jalan Ahmad Yani sampai dengan Lapangan Benteng, Medan. Jalanan macet menunjukkan kegiatan ini sukses terlaksana karena dipenuhi masyarakat sejak menjelang siang.

Parade peserta karnaval disambut Walikota Medan, Bobby Nasution dari podium utama yang berada di depan Lapangan Merdeka.

“Kita apresiasi antusias dari para peserta yang ikut karnaval siang ini dengan menampilkan keberagaman kesenian serta adat budaya yang multi etnik,” ucap Bobby.

Kadis Pariwisata Kota Siantar, Kusdianto mengungkapkan, bahwa kegiatan busana karnaval dan pawai budaya yang dilaksanakan oleh Pemko Medan ini sangat baik dan positif.

“Kita apresiasi pesta multi etnis dan budaya ini. Sehingga bisa menambah wawasan di bidang kesenian dan budaya bagi pesertanya. Harapan kami, kedepannya acara seperti ini bisa dilakukan di setiap daerah yang menjadi pelaksananya,” harap Kusdianto.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Mandailing Natal (Madina) Efridayanti Nasution mengatakan, selain menghadiri HUT kota Medan ke-432, semoga dengan pagelaran pesta budaya ini, menjadi salah satu ajang promosi pariwisata di Madina. “Kami berharap kebudayaan dan pariwisata kota Madina bisa terkenal di seluruh nusantara, bahkan sampai keluar negeri,” pungkasnya.(reza)