Konferensi Internasional di Korsel, Soekirman Perjuangkan Penguatan Kebijakan Pertanian Organik Indonesia

Soekirman saat di Bandara Soekarno-Hatta akan bertolak ke Korea Selatan, Jumat (15/7/2022).
Soekirman saat di Bandara Soekarno-Hatta akan bertolak ke Korea Selatan, Jumat (15/7/2022).

 

MEDAN, kaldera.id – Bupati Serdangbedagai 2013-2020 Ir H Soekirman akan menghadiri Konferensi Internasional Kebijakan Pertanian Organik (Internasional Conference on Organic Agriculture Policy) di Korea Selatan, yang digelar IFOAM Organic Asia, pada 17 Juli 2022 – 26 Juli 2022. Dia membawa misi untuk penguatan kebijakan pertanian organik di Indonesia.

“Tujuan utama saya untuk penguatan kebijakan di bidang pertanian organik di negeri kita ini,” kata Soekirman, kepada wartawan, kemarin.

Soekirman pada 2021 ditetapkan sebagai Duta Kehormatan Pertanian Organik Asia oleh ALGOA (Asian Local Governments for Organic Agriculture), lembaga internasional yang berkonsentrasi pada pengembangan pertanian organik serta aktif mengampanyekan pertanian organik di wilayah Asia.

“Penguatan kebijakan pertanian organik ini harus dilakukan sebagai tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yakni untuk kesejahteraan manusia dan planet bumi. Pertanian punya peran signifikan untuk mewujudkan itu,” katanya.

Alumni Fakultas Pertanian USU ini menegaskan, membangun pertanian harus memperhatikan aspek ekonomi, sosial, dan ekologi/lingkungan. SDGs sudah menjadi platform semua negara.

“Tapi pertanian organik, belum menjadi gerakan bersama. Baru bersifat parsial dan sporadis. Ini jadi tugas kita semua untuk mendorong kebijakan yang berpihak atau mendorong penguatan kebijakannya untuk diterapkan di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Soekirman sendiri ditunjuk menjadi Duta Kehormatan Pertanian Organik, atas kontribusi yang luar biasa bagi pengembangan pertanian organik di Asia. Soekirman menyebutkan dirinya merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang membawa misi memperkenalkan potensi pertanian organik di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).(reza/red)