Pengurus KNPI Sumut Bersama Kadispora Bahas Dinamika Kepemudaan

Suasana pertemuan Kadispora Sumut bersama jajaran Pengurus KNPI Sumut, Kamis (4/8/2022)
Suasana pertemuan Kadispora Sumut bersama jajaran Pengurus KNPI Sumut, Kamis (4/8/2022)

 

MEDAN, kaldera.id – Pengurus KNPI Sumut melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Sumatera Utara, Tuahta Saragih di Ruang Rapat Dispora Sumut, Kamis (4/8/2022). Ada beberapa permasalahan terjadi menjadi pokok pembahasan.

Salah satunya terkait dinamika kepemudaan di Sumatera Utara. Pemprovsu melalui Dispora Sumut berkeinginan kuat bahwa pemuda bisa tetap berperan dalam pembangunan meski terjadi dualisme kepengurusan di KNPI Sumatera Utara.

“Pelan-pelan kita benahi. Apapun kondisi KNPI sekarang ini, Pemprovsu berkeinginan pemuda tetap berperan. Pemprovsu bertanggungjawab terhadap pembinaan pemuda di Sumut,” tegas Tuahta Saragih.

Dia mengungkapkan, pihaknya sedang mencari formulasi agar pembinaan pemuda tetap berjalan tanpa melanggar aturan yang ada.

“Kita sedang melakukan telaah hukum terhadap regulasi yang ada. Kita akan komunikasi dengan kejaksaan, kepolisian serta BPKP agar bila ada anggaran yang dikucurkan untuk pembinaan pemuda tidak melanggar aturan yang ada. Tapi yang pasti, kita bertanggungjawab atas keberlangsungan pembinaan pemuda di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan mengapresiasi langkah Dispora Sumut terkait upaya pembinaan terhadap pemuda. “Kami anggap ini sebagai momentum untuk mewujudkan perwajahan baru pemuda di Sumatera Utara,” kata Samsir.

Dikatakannya, selama ini KNPI Sumut tetap menjalankan roda organisasi sesuai AD ART.
“Kita tetap berkegiatan melakukan pembinaan terhadap pemuda di Sumatera Utara,” jelasnya.

Bahkan sambungnya, saat ini DPD KNPI Sumut telah merancang kegiatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022. “Kegiatan ini nantinya kita harap tak sekadar seremoni. Kita akan buat jalan sehat, pengobatan gratis. Kita juga akan melibatkan pegiat UMKM dalam kegiatan ini nantinya,” pungkasnya.(red)