Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Positif Covid-19

Azyumardi Azra
Azyumardi Azra

MEDAN, kaldera.id – Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dikabarkan terkena Covid-19 di Malaysia.

“Menurut dokter begitu (terkena covid-19),” ungkap Dubes RI untuk Malaysia Hermono kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (17/9).

Menurut dia, Azyumardi masih berada di ruang ICU Rumah Sakit Serdang, Selangor. Sementara, istri dan anak Azyumardi akan tiba di Malaysia siang ini.

“Nanti siang istri dan anaknya (Azyumardi) akan datang,” imbuh Hermono.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya juga mendapatkan kabar bahwa Azyumardi terpapar covid-19. Namun, ia mengatakan pihak dari rumah sakit masih melakukan observasi lebih lanjut.

“Dari informasi yang kami dapat sementara itu (terkena Covid-19). Tapi proses masih dilakukan observasi lebih lanjut,” ungkap Agung.

Saat ini, sambung Agung, Azyumardi sudah ditangani dengan pelayanan standar Covid-19. Ia berharap kondisi Azra akan segera membaik.

“Untuk sementara penanganan standar seperti itu (covid-19). Tapi sekali lagi tunggu beberapa hari. Tapi informasi sementara yang didapat seperti itu (covid-19) yang kami dapatkan,” jelas Agung.

Sebelumnya, Azyumardi dibawa ke Rumah Sakit Serdang tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Jumat (16/9).

Azyumardi adalah Ketua Dewan Pers periode 2022-2025. Dia juga dikenal sebagai salah satu intelektual Islam terkemuka. Karya-karyanya tersebar di jurnal ilmiah hingga media massa.

Selain itu Azyumardi produktif menulis buku. Beberapa karyanya yang dikenal luas antara lain Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII (2004), Renaisans Islam Asia Tenggara (1999), Pergolakan Politik Islam (1996).

Azyumardi juga tercatat sebagai guru besar UIN Syarif Hidayatullah. Ia juga mendapatkan gelar ‘Commander of the Order of British Empire (CBE)’ dari Ratu Elizabeth II pada 2010 lalu. (cnn)