Tim Dosen FE Unimed Kembangkan Sistem Pembelajaran Online Di YPK Medan

Tim Pengabdian Dosen FE Unimed foto bersama dengan guru dan kepala sekolah usai pengembangan sistem pembelajaran online di YPK Medan, baru-baru ini.
Tim Pengabdian Dosen FE Unimed foto bersama dengan guru dan kepala sekolah usai pengembangan sistem pembelajaran online di YPK Medan, baru-baru ini.

MEDAN, kaldera.id –  Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Medan (UNIMED) melakukan audiensi ke Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan yang beralamat di Jalan Sakti Lubis No. 8 Siti Rejo, Kecamatan Medan Kota.

Kunjungan tersebut dalam rangka implementasi program pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Medan dan menjadikan YPK Medan sebagai mitra program pengabdian. Ketua tim pengabdian kepada masyarakat skema PKM Prof Indra Maipita, M.Si.,Ph.D, kepada media di Medan, Rabu (28/9/2022), mengatakan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan pola pelatihan dan pendampingan bagi sivitas akademika YPK Medan dalam pengembangan sistem pembelajaran online.

Menawarkan dua topik penguatan

Kunjungan, kata dia, sudah dilakukan 28 Mei 2022 lalu. Dia menambahkan, kegiatan pengabdian di YPK Medan menawarkan dua topik penguatan pada pelatihan dan pendampingan yaitu model dan strategi pembelajaran yang inovatif bagi guru dan siswa, serta pengelolaan sistem pembelajaran elearning.

Kegiatan ini difokuskan pada jenjang SMA dan SMK, dilaksanakan dua hari penuh pada tanggal 8 Juli 2020 yang dilaksanakan di laboratorium Akuntansi SMK dan laboratorium komputer SMA YPK Medan. Di hari 1, pelatihan ini dibuka oleh Wahiddan, S.Pd, Kepala Sekolah SMA dan dihari ke 2 dibuka Ricardo, Kepala Sekolah SMK.

Anggota tim pengabdi lainnya Dr. Faisal R Dongoran, M.Si mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan di YPK Medan, karena merupakan salah satu yayasan pendidikan swasta terbaik.

Dia menambahkan dalam tri dharma perguruan tinggi, selain dituntut melaksanakan pendidikan/pengajaran serta penelitian, dosen juga dituntut melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu, pelaksanaan pengabdian di YPK Medan ini merupakan salah satu bentuk tri dharma dosen di perguruan tinggi.

Sementara itu pihak yayasan yang diwakili Kepala Sekolah SMA dan SMK mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak dosen tim pengabdian yang telah membangun kemitraan. “Kami berterima kasih kepada tim pengabdi yang telah membangun kerjasama ke sekolah kami, semoga dengan kehadiran sistem informasi pembelajaran online yang telah dikembangkan tim pengabdian dosen Unimed dapat meningkatkan pengetahuan, semangat dan kreativitas untuk terus berkarya dan berinovasi dalam pendidikan dan pembelajaran,” katanya. (waspada)