Lulusan SMA Bakal Diberikan Pelatihan Gratis

Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman saat membuka Job Fair 2022.
Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman saat membuka Job Fair 2022.

 

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 1.274 lowongan pekerjaan dari 84 perusahaan ditawarkan bagi warga Medan dan sekitarnya di acara Job Fair 2022 di Tiara Convention Center, Rabu (12/10/2022).

Melalui kegiatan yang digagas Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan ini diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Medan.
Para pencari kerja juga bisa menemukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dimiliki.

“Saya bersama Pak Walikota tengah membuat sebuah formula khusus untuk mendata seluruh masyarakat, baik dari pekerjaan orang tua hingga pendidikan anak-anaknya,” ungkap Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman saat membuka Job Fair 2022.

Aulia menjelaskan, sebagai kepala daerah pihaknya harus memikirkan inovasi dan langkah konkrit apa yang harus diambil untuk menyelamatkan para pencari kerja. Terkhusus, bagi anak baru tamat SMA yang berpikir mencari kerja karena kurang mampu melanjutkan pendidikan selanjutnya. Apalagi tingginya tingkat kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba ini banyak yang berasal dari kelas ekonomi ke bawah.

“Setelah pendataan dilakukan, Pemko Medan akan memberikan pelatihan, pendampingan dan masuk ke dalam bidang yang mereka inginkan dengan tidak mengeluarkan uang satu rupiah pun,” katanya.

Konsep ini sedang dibangun Walikota Medan. Pelatihan dan pendampingan tersebut diberikan seperti sekolah kedinasan. “Ini yang menjadi target utama kami, karena saya dan Pak Wali tengah mendesain anak-anak yang tamat SMA untuk diberikan pelatihan, pendampingan dan masuk kedalam bidang yang mereka inginkan. Ini gratis,” ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Medan itu juga berharap kepada OPD terkait, khususnya Dinas Ketenagakerjaan untuk membuat inovasi yang lebih banyak agar angka pengangguran di Kota Medan ini dapat berkurang. Dengan demikian anak-anak muda juga terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan kriminalitas.(reza)