Perkuat Karya Ilmiah, Prodi SA FIS UINSU Latih Mahasiswa Penulisan Etnografi dan Monografi

Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumatera Utara menggelar pelatihan penulisan etnografi dan monografi bagi mahasiswa pada 15 Oktober 2022.
Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumatera Utara menggelar pelatihan penulisan etnografi dan monografi bagi mahasiswa pada 15 Oktober 2022.

DELISERDANG, kaldera.id – Sebagai bagian dari penguatan kompetensi, Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumatera Utara menggelar pelatihan penulisan etnografi dan monografi bagi mahasiswa pada 15 Oktober 2022.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi, Ketua Prodi Sosiologi Agama FIS UINSU, Dr. Sakti Ritonga, M.Pd, mengatakan, kegiatan ini diikuti 40 orang mahasiswa prodi Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara.

“Kegiatan ini dirancang dengan tujuan memperkenalkan desain dan metode etnografi bagi mahasiswa prodi Sosiologi Agama FIS UIN SU,” kata Sakti.

Menurutnya, pengetahuan dan keterampilan tentang desain dan metode etnografi-monografi ini menurutnya penting dalam rangka mendorong dan mempersiapkan mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dalam studi-studi lapangan secara kolaboratif bersama dosen atau secara mandiri.

Sementara, narasumber dalam pelatihan itu, Pramudita, S.Sos, M.Ant, mengatakan Etnografi sebagai hasil dan metodologi belakangan ini tidak hanya berkembang di kalangan ahli antropologi dan ilmu sosial saja tetapi melampaui hingga ke bidang-bidang keilmuan lain di luar ilmu sosial.

“Karena itu, kompetensi ini sebuah kepentingan bagi calon ilmuan sosial seperti Sosiologi Agama,” terangnya.

Dalam desain berkelanjutan kegiatan penguatan metodologi ini, penguasaan teori akan diperkuat dengan praktik lapangan keterampilan yang dilatihkan di tengah-tengah studi kancah mahasiswa. “Tentu latihan tersebut tetap memerlukan bimbingan dan arahan para ahli yang mendampinginya,” pungkasnya.(efri surbakti/red)